Ketua MUI OKUS tak Kunjung Dilantik

 504 total views,  2 views today

KABAG KESRA KAB. OKU SELATAN

Kabag Kesra KAB OKU SELATAN H. Misnadi

MUARADUA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Selatan (Sumsel), sampai saat ini belum juga melantik Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan. Kondisi ini memuat ulama di OKU Selatan, menjadi resah.

Mereka pun mendesak MUI Sumsel, untuk segera melantik Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan. Desakan ini, disampaikan dalam surat pernyataan yang ditandatangani semua Ketua MUI kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

“Ulama di OKU Selatan, sudah menunjuk H Hambali sebagai Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan. Namun sampai saat ini, ia belum juga dilantik oleh MUI Sumsel. Karenannya, ada surat pernyataan yang ditandatangani semua ketua MUI kecamatan di OKU Selatan,” kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, H. Misnadi ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (25/4/2014).

Belum dilantiknya H Hambali sebagai Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan itu ditenggarai, karena sebelumnya MUI Sumsel menunjuk Wahab sebagai Ketua MUI OKU Selatan, menggantikan Bahar Mustofa yang terganjal masalah.

Namun terang Misnadi, Wahab yang ditunjuk MUI Sumsel sebagai ketua, tidak kunjung berkoordinasi dengan Pemkab OKU Selatan maupun dengan pengurus MUI di kecamatan. Sehingga ia dianggap tidak dapat  menjalankan amanah tersebut.

Wahab pun terang Misnadi, juga tidak punya kekuatan hukum untuk menduduki jabatan sebagai Ketua MUI OKU Selatan. Pasalnya, tidak ada satu pun SK pengangkatannya sebagai Ketua MUI OKU Selatan.

“Sehingga pengurus MUI kecamatan di OKU Selatan, berinisiatif menunjuk H Hambali sebagai ketua. Namun MUI Sumsel menilai, penunjukan Hambali sebagai ketua menyalahi AD/ART MUI. Pasalnya, Hambali sebelumnya tidak masuk dalam kepengurusan MUI Kabupaten OKU Selatan,” bebernya.

Walau pun begitu menurut Misnadi, harusnya MUI Sumsel bertindak tegas dengan melantik Hambali sebagai Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan. Sebab Hambali ditunjuk sebagai Ketua MUI OKU Selatan, atas kesepakatan semua pengurus MUI di kecamatan-kecamatan yang ada di kabupaten ini.

“MUI Sumsel tidak bisa membiarkan, terjadinya kekosongan jabatan Ketua MUI Kabupaten OKU Selatan. Kita berharap MUI Sumsel, segera melantik Ketua MUI OKU Selatan, sehingga tugas dan fungsi MUI untuk menyatukan umat, menyiarkan Agama Islam serta mengatasi persoalan keagamaan dan kemasyarakatan di OKU Selatan bisa berjalan,” tukasnya.

 

Teks     : FITRI

Editor    : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster