Dinas PU Buka 15 Akses Jalan Baru

 258 total views,  2 views today

PALEMBANG – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang, akan membuka 15 akses jalan baru di metropolis. Hal tersebut diambil, untuk mengatasi kemacetan dan sebagai upaya mengembangkan wilayah.

Kepala Dinas PU BM dan PSDA Kota Palembang, Dharma Budhi mengatakan, saat ini Dinas PU BM dan PSDA, tengah melakukan studi kelayakan, untuk membangun jalan baru tersebut. “Setelah itu, hasilnya, akan diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk ditindaklanjuti,” jelas Dharma ketika dibincangi, Jumat (25/4/2014).

Menurut Budhi, rencana pembukaan jalan baru tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2013 tentang Pembangunan Berkelanjutan. Isinya, setidaknya ada 15 titik rencana pembangunan jalan baru di Kota Palembang.

Tujuannnya, membantu kondisi jalan yang ada. Karena, volume lalu lintas cukup tinggi jika dibandingkan dengan kondisi jalan yang semakin sempit. “Selain itu, mempercepat akses pembangunan ekonomi pada daerah pinggiran kota,” terang Dharma.

Nantinya, ruas jalan baru dan peningkatan jaringan jalan meliputi itu menghubungkan Jalan yang DI Panjaitan-Ahmad Yani- Kapten Abdullah. Kemudian Jalan Simpang Lebong Siarang-Pipa Reja-MP Mangkunegara, Jalan Sukarela-Lubuk Kawah-Harun Sohar. Jalan terusan IBA-Perwari-AKBP Cek Agus, Jalam Sultan Mansyur-Seruni-Alamsyah Ratu Prawiranegara, Jalan Putri Kembang Dadar-Alamsyah Ratu Prawiranegara.

Lalu penghubung Jalan Bakti- Puncak Sekuning-Bengkalis atau Lorok Pakjo-Balap Sepeda, Jalan Letkol Nur Amin-Mangkubumi-Arafuru, Jalan Kebun Sayur-Pangeran Ayin. “Kemudian dilanjutkan, pengembangan jaringan akses jalan di Kecamatan Ilir Barat (IB) II dan Gandus menuju Alamsyah Ratu Prawiranegara dan Sofian Kenawas/Lingkar Luar, “bebernya.

Tak hanya itu, juga akan dibangun jalan penghubung Plaju-Tegal Binangun-Jakabaring, Jalan Urip Sumahardjo-Prajurit Nazaruddin-Perumnas Sako,  Jalan Kemang Manis-Binjai-Rambutan Dalam-PDAM Tanjung Burung-Sultan Mahmud Mansur, dan membuka akses jalan di Kecamatan Seberang Ulu (SU) I dan Kecamatan Kertapati menuju Jalan Gubernur HA Bastari dan Yusuf Singadekane.  “Terakhir akses jalan di Kecamatan SU I dan SU II menuju Jalan DI Panjaitan, Ahmad Yani dan Jalan Gubernur HA Ahmad Bastari, direncanakan akan dibangun,” ulasnya.

Untuk realisasinya terang Dharma, dibutuhkan persetujuan dari DPRD Palembang sehingga dananya bisa dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang. Walau pun begitu jelasnya, Dinas PU BM dan PSDA tetap akan mengusahkan pembangunannya dengan mengacu Perda Nomor 2 tahun 2013.

“Didalam perda itu, dijelaskan untuk pembangunan jalan baru tersebut dianggarkan 10-120 persen dari total APBD. Namun saat ini, kami fokus pada perbaikan sejumlah jalan yang rusak terlebih dahulu,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster