Cari Solusi dan Cegah…!

 238 total views,  2 views today

PALEMBANG – Dewan Pengurus WCC Palembang Hj Mapilhinda Syahrial Oesman mengajak semua elemen masyarakat bekerja sama mencari solusi dan mencegah, setidaknya mengurangi, kekerasan seksual terhadap remaja.

“Anak dan remaja adalah generasi penerus bangsa. Mereka harus dibina dan diberi pendidikan yang baik agar dapat bertumbuhkembang secara wajar. Ini butuh peran serta kita semua,” ujar Maphilinda.

Meski Palembang menjadi kota yang kondusif, namun ternyata tingkat kekerasan seksual terhadap anak cukup tinggi.

Tercatat pada 2013, dari sekitar 230 kasus anak, 30 persen diantaranya disebabkan karena adanya tindak kekerasan seksual pada anak.

“Dari 230 kasus anak, ada sekitar 81 kasus kekerasan seksual terhadap anak yang sangat meningkat dibanding 2012 hanya 57 kasus saja,” ucap Adi Sangadi, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Palembang.

Peningkatan kasus anak ini memang banyak disumbangkan dari kesalahan penggunaan kecanggihan teknologi saat ini, seperti internet.

Ia menilai, penggunaan internet yang tidak terkontrol memicu tingginya kasus ini. Tidak hanya di Palembang saja, namun juga meningkat se-Indonesia.

“Tingginya kekerasan seksual terhadap anak ini tentunya menuju bahaya, bahkan se-nasional. Kita harapkan tahun ini jangan sampai terjadi lagi,” urainya.

Selain kekerasan seksual, kasus yang sedang ditangani KPAID Palembang seperti penelantaran keluarga dengan menyebabkan anak sebagai korbannya serta hak kuasa asuh.

Dari seluruh kasus anak, baru 80 persen sudah diselesaikan melalui jalur mediasi dan hukum. Sisanya 20 persen sedang dalam proses penyelesaian.

“Penyelesaian, perkelahian,keributan akan kita selesaikan melalui jalur mediasi. Namun jika tidak mendapatkan jalan keluar, maka jalur terakhir kita ambil adalah melalui ranah hukum,” tukasnya.

 

Teks     : AHMAD MAULANA

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster