Rekapitulasi Pileg Empat Daerah Ditunda

 199 total views,  2 views today

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, masih melangsungkan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan legislatif (pileg), Kamis (24/4/2014) kemarin. Hasilnya, delapan kabupaten/kota dinyatakan selesai, yakni kabupaten OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Muara Enim, Prabumulih, Pagaralam, Lahat, dan Ogan Ilir.

Sementara empat daerah masih ditunda rekapitulasinya karenanya ada selisih suara yang harus di cermati. Ketua KPU Sumsel Aspahani ditemui disela-sela rekapitulasi mengatakan, tertundanya rekapitulasi perolehan suara tersebut disebabkan ketidak sinkronan penjumlahan data pemilih, data pengguna hak pilih, jumlah suara sah, dan jumlah suara tidak sah. “Yang masih ditelusuri itu, diantaranya kabupaten Lubuklinggau dan OKI, saksi-saksi parpol meminta DA 1 dibuka,” katanya.

Menurut Aspahani, solusi dari permasalahan tersebut, bisa dengan cara melihat berita acara di PPK sebagai acuan, atau di tingkat lebih tinggi di KPU kabupaten/kota. “Antara rekap PPK, kabupaten/kota dan provinsi kita cek, kalau dibawah itu (TPS) tidak mungkin lagi, tapi kalau setelah kita cek masih ada parpol yang keberatan, mereka boleh mengajukan gugatan setelah tiga hari usai penetapan,” terangnya.

Pantauan koran ini, hingga pukul 18.00 WIB, masih ada tiga daerah yang belum direkapitulasi, yakni Kota Palembang, kabupaten Banyuasin dan kabupaten Empat Lawang. Meski banyak saksi parpol yang mengajukan keberatan, namun secara keseluruhan suasana rekapitulasi di aula KPU Sumsel tersebut berjalan kondusif.  “Kalau tidak banyak masalah kita selesai malam ini (kemarin), tapi kalau banyak permasalahan kita molor sehari,” katanya.

Dikatakannya, sesuai jadwal, tahapan rekapitulasi di KPU RI mulai tanggal 26-6 Mei mendatang. “Kalau memang selesai, kita mungkin ambil gelombang pertama tanggal 26-28 April, kalau belum selesai juga kita ambil yang tanggal 29- 1 Mei, dan kalau tidak selesai juga kita ambil tanggal 3, 4, 5, 6, jadi secara keseluruhan ada tiga gelombang,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Sumsel, Kurniawan menyebutkan, empat daerah yang ditunda rekapitulasinya, yakni kabupaten Musi Banyuasin, OKI, Lubuklinggau dan Musi Rawas. “Mayoritas saksi meminta DA 1 dibuka, mereka banyak yang komplain tentang perolehan suara, karena ada yang berkurang dan ada yang bertambah,” kata Kurniawan. “Khusus di OKI, banyak yang protes perolehan suara calon DPD,” tukasnya.

 

Teks    : DICKY WAHYUDI

Editor   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster