Penyerapan Anggaran Baru APBD 15 Persen

 210 total views,  2 views today

PALEMBANG – Pada triwulan pertama 2014, realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, baru mencapai 15 persen dari total hampir Rp 3 triliun. Namun dari jumlah tersebut sekitar 50 terserap, untuk kebutuhan belanja pegawai.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan (BPKD) Palembang, Zulfan mengatakan, untuk belanja barang besaran APBD yang telah dikeluarkan masih rendah. Begitu juga dengan belanja langsung seperti belanja barang dan belanja modal, baru terserap 1 persen.

Hal itu disebabkan sebagian besar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, masih melakukan proses tender untuk proyek ataupun kegiatan masing-masing. “Rata-rata anggaran yang harus dikeluarkan untuk belanja barang ataupun modal ini, jumlahnya diatas Rp 100 juta. Sehingga, harus melalui proses tender terlebih dahulu,” kata Zulfan, Kamis (24/4/2014).

Menurut Zulfan, umumnya belanja langsung mulai digunakan oleh setiap SKPD adalah pada yang memiliki kegiatan, yakni akhir triwulan kedua atau pada triwulan ketiga. “Biasanya bila sudah memasuki bulan Juni-September, besaran penyerapan anggaran yang tercatat akan langsung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebab, pengerjaan proyek pada masing-masing SKPD telah mulai dikerjakan,” ujarnya.

Zulfan mengaku, untuk total belanja modal sepanjang 2014 sekitar Rp 500-Rp 600 miliar. Baik untuk pembangunan gedung, rehabilitasi ataupun fasilitas-fasiltas publik lainnya. Sedangkankan, untuk kebutuhan belanja pegawai menyedot anggaran sekitar 50 persen dari total APBD. “Sementara untuk jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkot Palembang ada 14 ribu orang,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster