Pembangunan di OKU 2013 Hanya Terealisasi 86 Persen

 221 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

BATURAJA – Pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada 2013, hanya terealisasi 86 persen dari target yang telah ditetapkan. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU, M Nur, Kamis (24/4/2014).

Ia menyebut, realisasi fisik pada 2013 mencapai 86 persen sementara untuk serapan dana pembangunan hanya mencapai 83 persen. Tidak tercapainya target realisasi pembangunan ini kata Nur disebabkan banyak faktor.

“Salah satunya, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terlambat menyampaikan laporan fisik pembangunan di wilayah itu. Itu karena SKPD fokus menyelesaikan proyek yang dibanguan, di masing-masing instansi di pemerintahan itu,” terang Nur.

Mengenai target pembangunan 2014, M Nur mengaku, tidak begitu mengetahuinya, karena sekarang semua sudah diserahkan kepada masing-masing SKPD untuk mengerjakan proyek tersebut.

“Pembangunan terakhir yang kami lakukan adalah membangun lapangan upacara di Kantor Pemkab OKU. Sekarang kami hanya memonitoring pembangunan saja, sementara seluruh pembanguan fisik diserahkan kepada setiap SKPD,” tegasnya.

Disinggung mengenai rencana pemerintah setempat yang akan membangun rumah sakit pada 2014, ia mengaku, rencana tersebut saat ini masih mengambang, karena terkendala dana pembangunan yang cukup besar sehingga hal itu masih perlu dipertimbangkan lagi. “Karena jika pembangunan rumah sakit dilakukan, maka akan banyak anggaran di setiap dinas di OKU akan terserap,”  ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Kabupaten OKU, Iskandar Zulkarnain yang dibincangi melalui Sekretaris Dinas PU CK, Hasan HD menyebut banyak proyek fisik di Kabupaten OKU pada tahun ini yang tertunda pelaksanaanya akibat pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

“Jangankan pelaksanaanya, proses tendernya juga belum kita laksanakan. Kita sengaja mengundur pelaksanaannya, sampai pelaksanaan Pileg selesai. Tujuannya, agar Pileg kondusif,” kata Hasan.

Ia memprakirakan pelaksanaan proyek fisik di Kabupaten OKU, baru akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Tahun ini bebernya, untuk proyek fisik yang akan dibangun terdiri atas beberapa kegiatan diantaranya pembangunan jalan setapak, beronjong dan rehab gedung. “Total anggarannya mencapai Rp 93 miliar, khusus untuk pembangunan jalan setapak dana yang dianggarkan mencapai Rp1 miliar,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster