Mayoritas PNS tak Bisa Berbahasa Indonesia

 220 total views,  2 views today

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengaku kecewa lantaran mayoritas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, tidak bisa menulis surat dengan menggunakan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar atau dengan kata lain menggunakan bahasa dusun.

Ia pun meminta PNS, kembali ikut kursus agar lebih cerdas. Hal itu diungkapkan Alex, saat melantik sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemprov Sumsel di Graha Bina Praja Setda Sumsel, Kamis (24/4/2014).

Menurut Alex, seharusnya setiap PNS setiap golongan dan jabatan sudah mampu dalam menulis surat-menyurat, yang menyangkut administrasi pemerintahan. Sebab, tugas PNS tak bisa dilepaskan dari bahasa Indonesia dan administrasi. “Saya heran, PNS di pemprov banyak yang belum bisa buat surat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kok bisa ya,” kata Alex.

Karenanya ia kata Alex, menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menggelar tes Bahasa Indonesia, bagi semua PNS setiap tiga bulan sekali. Alex juga meminta PNS untuk mengikuti kursus, terutama Bahasa Indonesia.

“Silakan kursus dimana saja. Gunakan uang tunjangan penghasilan pegawai (TPP) itu. Setiap tiga bulan akan dites. Jika masih belum bisa buat surat, tidak berhak duduki jabatan itu, diganti saja,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster