Banyak Kepsek Gugur Seleksi

 256 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Puluhan kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA,SMK dan MA harus gugur dalam pemilihan kepsek dan pengawas berprestasi tingkat kota yang berlangsung di Aula SMKN 2 Palembang, Kamis (24/4/2014).

Dewan Juri, Nurbaeti mengaku, acara tersebut berlangsung dari tanggal 24-28, katanya, banyak guru yang tidak memenuhi kualifikasi, akibatnya harus berlapang dada karena gugur. “Kualifikasi untuk kepsek minimal masa kerja dua tahun. Sedangkan pengawas, harus empat tahun. Artinya, tidak boleh di rolling,” ungkapnya.

Nurbaeti mengaku, syarat administrasi, memang baru ditetapkan satu tahun terakhir. Hal tersebut sesuai dengan juknis dan juklak penyelenggaraan 2014. Selebihnya sama. “Tahun lalu banyak kepsek dan pengawas yang ikut dan memenuhi syarat. Namun tahun ini berbeda, karena tidak memenuhi syarat administrasi,”akunya.

Nurbaeti menjelaskan, berkaca dari pengalaman sebelumnya, ada peserta yang gugur dan di coret karena tidak memuhi syarat bekerja minimal dua tahun, sesuai dengan kualifikasi pemilihan tingkat provinsi.

Selain itu untuk kepsek SD dan TK, peserta harus mengikuti seleksi di tingkat kecamatan. Karena, jumlah kepsek SD dan TK terlalu banyak sehingga harus dirampingkan.  “Sementara untuk total peserta ada 54 dengan rincian, TK enam orang, SD sembilan orang, SMP 26 orang, SMA/SMK 8 orang dan pengawas lima orang,” bebernya.

Nurbaeti menyebutkan, poin penilaian meliputi lima poin yakni tes tertulis, kepribadian, keterampilan, managerial (kepemimpinan) dan protopolio serta penggunaan teknologi. Dimana peserta harus melakukan presentasi karya tulis menggunakan teknologi (IT).

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster