5 Kecamatan Masih Terkendala Batas Desa

 253 total views,  2 views today

MUARAENIM – Saat ini, masih ada lima kecamatan di Kabupaten Muaraenim yakni Kecamatan Kota Muaraenim, Ujan Mas, Benakat, Gunung Megang dan Belimbing, belum memiliki patok atau pilar batas antar desa dan belum ada peta desa.

“Untuk menindaklanjuti permasalahan ini, kita mengambil langkah yaitu dengan memerintahkan setiap kepala desa (kades) bersama Badan Perwakilan Desa (BPD), untuk membuat kesepakatan batas desa dan membuat patok batas desa,” kata Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar melalui Asisten I Pemkab Muaraenim, Bulgani Hasan, Kamis (24/4/2014).

Bila telah ada kesepakatan batas antara desa dan telah dibuat patok atau pilar desa, tim kabupaten terangnya, akan menindaklanjuti dengan pembuatan peta desa. Kades melalui camat terang Bulgani, juga diminta membentuk tim penetapan dan penegasan batas desa dan pembuatan patok batas desa melalui kecamatan.

“Ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Muaraenim Nomor 03 tahun 2014 tentang Tata Cara Penetapan dan Penegasan Batas Desa Antar Desa dalam Kecamatan, yang telah diterbitkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kades Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Marsis Yani menyebut, sampai saat ini,  batas desa yang dipimpinnya dengan Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul belum ada penyelesaian. Sehingga belum tahu persis, dimana batas masing-masing desa.  “Saya berharap agar segera ditemukan jalan keluar pemecahan masalah ini, sehingga mempermudah jalannya pemerintahan desa,” tukasnya.

 

Teks     : SISWANTO

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster