Survey Seismik Seperti Periksa Hamil

 371 total views,  2 views today

survey sismik

survey sismik, PALI

ALI – Survey seismik dalam mencari sumber minyak bumi tidak ubahnya seperti pemeriksaan kehamilan.

Hal ini diungkapkan Adhie Salahudin Achmad, Field Public Relations (Geoscience Services Division) PT Elnusa Tbk saat sosialisasi survey seismik 3D Karbela di Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Jadi survey seismik itu seperti melakukan pemeriksaan kehamilan. Hasil survey ini akan terlihat irisan dan lempengan kulit bumi dan akan terlihat apakah ada minyaknya atau tidak,” kata Adhie.

Dalam acara yang digelar Rabu (23/4/2014), Adhie menjelaskan bahwa survey yang dilakukan PT Elnusa bukan ditujukan untuk merusak perkebunan warga. Survey dilakukan untuk mengetahui isi perut bumi dan mengetahui apakah ada kandungan minyak bumi atau tidak. Bila ternyata terdapat cadangan minyak bumi, barulah akan dilakukan pengeboran minyak tersebut untuk dijadikan komoditi.

Adhie bertutur, survei seismik pada hakikatnya bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai lapisan bawah permukaan bumi melalui metode geofisika. Dilakukan dengan cara membuat getaran dari suatu sumber getar yang terbuat dari bahan daya gel. Getaran lalu direkam.

Getaran akan merambat ke segala arah di bawah permukaan bumi sebagai gelombang. Lalu, gelombang yang mengenai lapisan-lapisan batuan akan mengalami pemantulan, pembiasan, dan penyerapan.

“Untuk nilai ganti rugi atau kompensasi yang diberikan kepada pemilik lahan telah diatur di dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan No.25/2009 tentang Pedoman Tarif Nilai Ganti Kerugian Atas Pemakaian Tanah dan Pembebasan Tanam tumbuh, Bangunan Di Atasnya Akibat Operasi Eksplorasi, Eksploitasi Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah Dan Perusahaan Swasta Lainnya. Besarannya, rintisan Seismik per M (meter) maju mendapat ganti rugi Rp.5.000,-
.Lubang Seismik pada kegiatan eksplorasi mendapat ganti kerugian Rp.25.000, perlubang,” bebernya.

Ia menambahkan, PT Elnusa Divisi Geosains selaku kontraktor utama pekerjaan Survei Seismik 3D Karbela di wilayah kerja Pertamina EP berpedoman pada SK Gubernur Sumsel No.25/2009 dalam melakukan penyelesaian kompensasi pada setiap kegiatan survei seismik di wilayah administratif Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sosialisasi itu warga masyarakat Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi menerima SK Gubernur Sumsel 25/2009. Namun warga mempertanyakan berapa lama pembayaran ganti rugi tersebut. “Kalau sudah berjalan, kapan kepastian kami menerima gati rugi tersebut” tanya Heri, salah satu tokoh masyarakat Simpang Tais.

Selain diikuti ratusan warga, sosialisasi itu diikuti juga oleh Mayor M Ruslan perwakilan dari Kementrian Pertahanan RI, Kapten Broto S Danramil Talang Ubi, IPTU Enjang Rusmana Kanit Binmas Polsek Talang Ubi, Asrohi SSos MH Camat Talang Ubi dan Herry Kepala Desa Simpang Tais.

 

Teks     : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster