Perusahaan Harus Prioritaskan Putra Daerah

 242 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Walikota Palembang, Romi Herton menghimbau kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Palembang, untuk mengutamakan putra daerah dalam rekrutmen karyawannya.  Permintaan ini disampaikan Romi, saat membuka job fair di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, Rabu (23/4/2014).

“Pertumbuhan investasi di Palembang cukup tinggi, bahkan iklim investasi Palembang nomor satu di Indonesia. Jadi mereka pengusaha, harus prioritaskan warga Palembang untuk bekerja di perusahaan mereka yang beroperasi di Palembang,” kata Romi.

Menurut Romi, adanya bursa kerja ini, memang ditunggu-tunggu masyarakat khususnya mereka yang baru menyelesaikan pendidikan sarjana maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).  Menurut Romi, antusias pencari kerja (pencaker) setiap tahunnya selalu meningkat, dalam mengikuti job fair.

“Hal seperti ini, harus terus digalakkan untuk mengatasi pengangguran. Apabila perusahaan membutuhkan karyawan, harus di koordinasikan dengan pemerintah agar kami dapat memfasilitasi,” ucapnya.

Romi juga meminta job fair kedepannya juga harus dilaksanakan disetiap kecamatan. Apalagi menurut Romi, pertumbuhan industri di Palembang sudah hampir menyebar diseluruh kecamatan. “Biaya untuk job fair ini kan tidak mahal, dengan adanya seperti itu, saya kira tidak akan ada lagi pengangguran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang, Gunawan mengatakan, job fair semester pertama ini diikuti oleh 38 perusahaan. Perusahaan-perusahaan itu, bergerak diberbagai bidang baik BUMN, BUMD maupun swasta.  “Job fair kali ini, mudah-mudahan bisa menyerap 2000 lebih tenaga kerja,” ujarnya.

Gunawan menyebutkan, animo pencaker sangat luar biasa, bahkan sebelum job fair dibuka, para pencaker sudah bertangan untuk mencari informasi. “Sementara untuk pencaker pada tahun 2013 mencapai 13 ribu. Ditambah dari awal Januari sampai Maret 2014 ini,  kami sudah menerima dua ribu lebih pencaker, tapi 900 diantaranya sudah diterima bekerja di sejumlah perusahaan,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster