Pengawasan Dana PNPM MP Libatkan Kepolisian dan Kejaksaan

13 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

MUARAENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, akan memperketat pengawasan penggunaan  dana bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), yang diberikan ke desa-desa di Muaraenim.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muaraenim, Fajeri Erham menyebut pengawasan penggunaan dana PNPM MP tersebut, aparat penegak hukum.

“Tahun ini, kami melibatkan Kejari dan Polres, untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana PNPM MP. Ini adalah upaya pencegahan, agar penggunaan dana PNPM MP tersebut tidak disalahgunakan dan tepat sasaran,” kata Fajeri saat penandatangan pernyataan pelaku PNPM MP, Rabu (23/4/2014) di Hotel Griya Sintesa, Muaraenim.

Ia menyebut, tahun ini ada sejumlah desa di Muaraenim yang akan mendapatkan kucuran dana dari PNPM MP tersebut. “Alokasi dananya, disesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan musyawarah desa. Dana tersebut, nantinya akan dibagikan melalui kecamatan sementara pelaksanaanya akan didampingi fasilitator yang ada di kecamatan dan desa,” terang Fajeri.

Fajeri menyebut, Kabupaten Muaraenim sejak 2007 lalu hingga sekarang telah menyalurkan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sekitar Rp 120 miliar, yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur serta simpan pinjam perempuan (SPP),  yang totalnya mencapai Rp10 miliar. “Untuk jenis SPP ini, terdapat di Kecamatan Tanjung Agung, Lubai, Gunung Megang, Rambang Dangku, Gelumbang, Lembak dan Sungai Rotan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar berpesan agar para pelaku-pelaku PNPM MP, benar-benar memanfaatkan dana yang tersedia untuk pembangunan di desa-desa dalam kecamatan.

“Pemanfaatan dana dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten hendaklah dijadikan pemicu pembangunan di desa, sehingga dapat benar-benar berguna bagi masyarakat,” tukasnya.

 

Teks     : SISWANTO

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com