Home Industri Bisa Kurangi TKI

 259 total views,  2 views today

PALEMBANG – Kasus kekerasan fisik maupun seksual yang dialami oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) khusus wanita, memang terus terjadi. Pemerintah pusat pun terus melakukan berbagai cara untuk menurunkan korban kekerasan TKI.

Salah satunya dengan menggalakkan industri rumahan (home industri) ke masyarakat. Dimana dengan adanya kegiatan berpenghasilan, para wanita Indonesia diyakini tidak akan tertarik lagi, untuk mencari peruntungan di negeri tetangga. Sehingga bisa menekan angka pengiriman TKI ke luar negeri.

Deputi PUG (Pengarusutamaan Gender) Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI, Sulih Kanti Agusni, mengatakan pihaknya sudah melakukan analisis terkait dalam tiga hal yaitu menanggapi gerakaan kewirausahaan nasional, adanya moratorium TKI, memenuhi kesetaraan gender.

“Kita melakukan kajian tentang kebijakan publik, kita temukan bahwa industri rumahan merupakan suatu aspek yang merupakan peluang untuk memenuhi tiga kriteria. Untuk analisanya random, terutama banyak ditempat penyalur TKI, banyak usaha mikro dan potensi dari industri kreatif,” tuturnya disela pembukaan Workshop Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan atau Pemberdayaan Industri Rumahan di Ballroom Hotel Jayakarta Daira, Rabu (23/4/2014).

Dari pengrajin industri rumahan ini, 70 persen dikelola oleh perempuan, untuk itulah diperlukan kebijakan publik dalam pemerataan gender. Ia menilai, industri rumahan ini adalah ekonomi kerakyatan sebenarnya, sehingga tidak akan ada lagi TKI kalau penghasilan wanita per orang sudah mencapai Rp 1,2 juta per bulan.

Dengan adanya strategi nasional (stranas), pihaknya pun mengharapkan adanya percepatan pengaruh gender melalui perencanaan responsif gender. “Jadi dari awal harus dipahami betul, melalui prencanaan responsif gender, siapa yang membutuhkan dan harus ada analisis data, kita akan tahu, rakyat maju apa tidak,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster