Sampah Dibiarkan Menumpuk

 278 total views,  6 views today

MUARAENIM – Kesadaran menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, nampaknya kurang diperhatikan oleh masyarakat Muaraenim. Buktinya, di jalan Lintas Muara Enim-Tanjung Enim tepatnya di Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim,sampah menumpuk dan berserakan dipinggir jalan.

Sampah-sampah tersebut,dibiarkan menumpuk dipinggiran Sungai Enim. Kondisi ini, membuat kawasan tersebut tak sedap dipandang mata dan menyebabkan aroma busuk menyengat.

Eko (44), salah seorang warga Desa Karang Raja yang dibincangi, Selasa (22/4/2014), menyebut tumpukan sampah tersebut sudah lama keberadaanya. Tempat tersebut terang Eko, memang dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah.

“Sampah-sampah itu sudah lama menumpuk dipinggir sungai, entah siapa yang membuang. Padahal ditempat tersebut, sudah ada papan peringatan untuk tidak membuang sampah,” kata Eko.

Senada juga dikatakan Suryanto (44), pengendara sepeda motor yang melintas di lokasi tersebut. Ia mengatakan, tumpukan sampah itu sangat mengganggu pemandangan. Selain itu, dampak yang akan ditimbulkan, bisa merusak lingkungan seperti tanah longsor, karena posisi sampah menumpuk dipinggir sungai. “Kami meminta kepada dinas terkait untuk mengangkut sampah-sampah tersebut. Sehingga dampak negatif yang akan ditimbulkan dapat dicegah sejak dini,” ucapnya.

Ia juga berharap warga sekitar, tidak membuang sampah ditempat tersebut. Kata dia, sampah-sampah rumah tangga bisa dibuang ditempat-tempat yang sudah disediakan petugas kebersihan.

“Sebelum menjadi tempat pembuangan sampah liar, petugas kebersihan segera bertindak membersihkan lokasi tersebut. Jika perlu, disekitar lokasi bisa disediakan bak sampah yang resmi,” harapnya.

 

Teks     : SISWANTO

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster