Polisi Baku Tembak, Satu Bandit Sekarat

 73 total views,  3 views today

pelaku Amrulah (35) warga Desa Harapan Jaya

pelaku Amrulah (35) warga Desa Harapan Jaya

PALI – Enam anggota Polsek Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terlibat aksi kejar-kejaran dan baku tembak dengan kawanan bandit bersenjata senpi rakitan (Senpira).

Aksi bak film laga berakhir dengan tertembaknya satu pelaku Amrulah (35) warga Desa Harapan Jaya, lantaran terkena tembakan di kepala bagian belakang. Bahkan butiran timah panas bersarang di kepala pelaku.

Informasi yang berhasil dihimpun KabarSumatera, kejadian tersebut terjadi  Selasa (22/4/2014) sekitar pukul 10.30 WIB, di Jalan Servo, Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Empat pelaku usai melakukan percobaan perampokan di Kantor PT EAT sub PT Titan, yang bergerak di jasa pengangkutan batubara (eks kantor PT Servo Lintas Raya).

Di kantor tersebut, empat pelaku yang datang menggunakan mobil langsung memasuki ruang perkantoran. Dua dari empat pelaku ini memaksa pihak kantor untuk menyerahkan uang, sambil menodongkan dua pucuk Senpira ke arah karyawan.

Kemudian salah seorang pelaku langsung mengeluarkan pistol dan meminta korban mengeluarkan barang-barang berharga.

Melihat hal tersebut korban yang ketakutan spontan kaget dan berteriak minta tolong sehingga didengar oleh karyawan lain. Khawatir aksinya diketahui keempat pelaku yang diketahui bernama Amrul, Aw (Dpo), Iw (Dpo) ini, langsung kembali kekendaraanya masing-masing dengan mengendarai mobil Daihatsu Granmax, warna putih, bernopl BG 9957 DJ, dan pelaku A (Dpo) juga langsung tancap gas dengan mengunakan sepeda motor Yamaha Mio.

Mendapat laporan dari Darwis, petugas gerak cepat datang ke lokasi kejadian. Begitu tiba dilokasi petugas langsung mengejar mobil pelaku. Aksi kejar-kejaran pun berlangsung seru di Jalan servo yang berbatu.

Sambil mengejar, petugas melepaskan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara, sehingga terjadilah kejar-kejaran antara petugas dan pelaku.

Aksi tembak menembak pun terjadi  antara petugas dan pelaku. Melihat adanya celah, pelaku ini langsung kembali tancap gas. Tak mau buruannya lepas, petugas pun kembali melepaskan tembakan ke arah mobil.

Sebutir timah panas petugas ternyata berhasil mengenai kepala salah satu pelaku yakni Amrulah yang berada di dalam mobil tersebut, hingga kritis.

Melihat rekanya terkena tembakan, kedua pelaku lainya langsung melompat dari mobil ini, dan  melarikan diri ke dalam hutan. Sedangkan, mobil pun tetap berjalan hingga terhenti sendiri.

“Empat pelaku masuk kantor, dua diantaranya nodongkan pistol sambilmeminta uang. Mereka (pelaku) sempat tembak kita, tapi pistolnya tidak meletus, dan cuma keluar asap saja Pak,” terang Darwis, Humas PT EAT sub PT Titan, kepada petugas.

Sementara, Kapolres Muara Enim AKBP M Aris, melalui Kapolsek Talang Ubi, AKP Zai’an ZL mengatakan,  anggota saat melakukan penangkapan memang terancam, atas tembakan yang dilakukan para pelaku.

“Anggota kita memang terancam, karena pelaku ini menembaki anggota dengan senpiranya. Barang bukti, berupa sepucuk senpira berikut selonsong dan sebilah golok, telah kita amankan,” ujarnya.

Sedangkan, pelaku Amrulah yang terkena tembakan di kepala, langsung dibawa ke RSUD Talang Ubi, untuk menjalani perawatan intensif.   “Pelaku yang tertembak, telah dibawa anggota rumah sakit di Kota Prabumulih, untuk menjalani perawatan intensif dengan pengawalan ketat anggota kita,” tegasnya.

 

Teks     : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com