Pembangunan Pondasi Underpass Butuh Waktu Dua Bulan

 258 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pembangunan underpass, Simpang Patal, Pusri Palembang Harun Nur Rasyid menargetkan, dalam waktu dua bulan kedepan, pengerjaan utama pembangunan pondasi bisa segera diselesaikan.

Harun mengatakan, untuk saat ini, proses pengerjaan pondasi fokus utamanya pada bagian kiri. Katanya, paling lambat akhir Juli sudah selesai. Setelah itu, baru dilanjutkan kembali pembangunan pondasi sebelah kanan. “Bila pembangunan tiang pondasi telah berpindah ke arah kanan, maka jalur pelebaran jalan yang ada saat ini, dapat digunakan,” ungkapnya, Selasa (22/4/2014).

Harun menyebutkan, untuk pengerjaan pondasi tersebut, cukup mengganggu arus lalu lintas. Namun, tidak sampai menyebabkan terjadinya kemacetan yang panjang. Dikarenakan pengerajaan konstruksi ini, memang tidak dilakukan secara frontal, tapi dikerjakan setengah-setengah. “Bila pengerjaan pondasi ini telah selesai. Maka, kami akan melakukan pemasangan jembatan,” sebutnya.

Sambung Harun, untuk pemindahan utilitas, saat ini belum bisa dilakukan. Karena, pihaknya masih harus menunggu pembangunan box culvert pada bagian tengah. Katanya, nantinya, semua utilitas baik kabel-kebel listrik, pipa PDAM dan lainnya akan di kumpulkan pada satu titik.

“Artinya, tidak akan ada lagi utilitas yang melintangi jalan, pembangunan box culcert ini telah selesai. Namun memang masih ada beberapa kendala di lapangan. Utamanya terkait ganti rugi lahan. Namun dalam waktu dekat semua proses segera selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Kegiatan (PPK) Underpass Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) Wilayah III, Ahmad Taruna Jaya mengungkapkan, terlambatnya pebebasan lahan tidak mempengaruhi dan menambah waktu pengerjaan bagi proyek multi years ini. Sebab, pengerjaan akan ditambah jam

Menurut Taruna, setelah lahan dibebaskan maka pengerjaan inti pengerukan underpass akan dilakukan. Apa lagi, saat ini musim hujan yang sudah mulai jarang turun. Sehingga, sedikit membantu percepatan pembangunan. “Saat ini, cuaca memang sulit di prediksi. Kadang-kadang panas namun tiba-tiba hujan. Namun kami tetap optimistis proyek ini dapat selesai tepat waktu,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster