KPU Sumsel Ancam Akan Ambil Rekapitulasi

 218 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) mengancam akan mengambil alih rekapitulasi suara hasil pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April lalu dari KPU kabupaten dan kota yang belum menyelesaikan rekapitulasi.

Pengambilalihan rekapitulasi itu  kata Ketua KPU Sumsel, Aspahani, akan dilakukan KPU Sumsel jika sampai tanggal 23 April (Rabu), rekapitulasi yang dilakukan KPU kabupaten dan kota itu belum juga diselesaikan.

“Jika sampai besok pukul10.00 WIB, rekapitulasi belum diselesaikan maka jika memungkinkan akan diambil alih KPU provinsi. Ini kita lakukan, guna memaksimalkan tahapan yang sudah ditentukan oleh KPU RI,” kata Aspahani yang dibincangi, Selasa (22/4/2014).

Ia menyebut, saat ini sudah 13 kabupaten dan kota di Sumsel yang sudah menyerahkan kotak dan hasil rekapitulasi. “Masih ada dua kabupaten dan kota lagi,yang belum menyelesaikan rekapitulasi yakni KPU Palembang dan Banyuasin,” terang Aspahani.

Namun ia berharap, KPU Palembang dan Banyuasin bisa menyelesaikan rekapitulasi tersebut maksimal besok. “Mudah-mudahan, Palembang dan Banyuasin sudah bisa menyelesaikan rekapitulasinya sesuai dengan kita harapkan,” ujarnya.

Sementaraitu, kemarin, KPU Sumsel sudah mulai melakukan rekapitulasi suara.Pantauan Kabar Sumatera,   ratusan aparat kepolisian di back up anggota TNI baik berseragam lengkap maupun berpakaian preman, melakukan pengamanan ketat baik didalam dan diluar gedung KPU Sumsel, tempat berlangsung rekapitulasi hingga tiga hari ke depan.

Rapat pleno rekapitulasi sendiri, sudah dibuka oleh KPU Sumsel sejak pukul10.00 WIB. Dalam rekapitulasi tersebut, KPU Sumsel, memulai untuk Kota Prabumulih, kemudian diteruskan Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kabupaten Lahat. Rekapitulasi hanya dilakukan untuk tingkat DPR RI, DPD dan DPRD provinsi. Karena untuk, kabupaten/kota merupakan kewenangan dari KPU setempat.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi menyebut, tahapan rekapitulasi untuk di tingkat provinsi mulai tanggal 22 April hingga 24 April. Kemudian, pada 26 April hasil rekapitulasi di tingkat provinsi tersebut akan dibawa ke pusat.

Mengenai dua kabupaten/kota yang masih juga melakukan rekapitulasi tersebut jelasnya, KPU Sumsel sudah mengirimkan surat, agar mereka terus melakukan rekapitulasi dan diberi perpanjangan waktu hingga Rabu (23/4) pukul 00.00 WIB. “Masih ada dua daerah lagi,yang belum menyelesaikan rekapitulasi. Tetapi kita tetap melakukan rekapitulasi, dari laporan yang sudah masuk,” ujarnya.

Terpisah, Wakapolda Sumsel, Brigjen Polisi Oerip S menyampaikan, pengamanan terus diintensifkan, dan saat ini kepolisian fokus pengamanan di KPU provinsi. Kendati untuk KPU Kota Palembang, dan di Kabupaten Banyuasin, juga masih diperketat, karena sehubungan dengan mash melakukan rekapitulasi. “Personil yang kita turunkan,sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Disana dikerahkan personil dari Polresta dan juga Polda, kemudian di back up Brimob dan TNI,” tukasnya.

 

Teks     : DICKY WAHYUDI

Editor    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster