Kesal Kalah di Pileg Caleg Blokir Jalan Alternatif

 253 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

BATURAJA – Kesal karena jagoannya kalah dalam Pemilihan UmumLegislatif (Pileg), 9 April lalu, tim sukses salah satu calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Ogan KomeringUlu (OKU), nekat memblokade jalan alternatif yang menghubungkan Desa Saungnaga ke PT JOB Talisman, Kecamatan Peninjauan.

Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (22/4/2014), jalan tersebut diblokade dengan cara dipasang portal yang terbuat dari kayu, sehingga sepintas mirip dengan portal di pintu lintasan kereta api.

Akibatnya, warga di tiga desa di Kecamatan Peninjauan yakni Desa Air Keras, Metur dan Mitra Kencana kesulitan untuk melakukan aktivitas. Sebab jalan tersebut, adalah jalan penghubung ke tiga desa tersebut.

Informasi yang dihimpun, portal tersebut diduga dipasang atas perintah salah satu caleg DPRD OKU dari daerah pemilihan (dapil) Peninjauan dengan inisial IR. Portal itu, dipasang sejak empat hari yang lalu.

“Portal itu dipasang karena IR kesal, karena perolehan suaranya tidak memuaskan. Padahal Desa Air Keras, Metur dan Mitra Kencana dianggap adalah basis suaranya. Akibatnya, warga disini kesulitan untuk berlalu-lalang,”ungkap salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Wakil Bupati OKU, Kuryana Azis yang dibincangi usai peringatan Hari Kartini di Gedung Kesenian, Baturaja, mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut. Kuryana menyebut, sudah memerintahkan Camat Peninjauan untuk berkoordinasi dan melakukan pendekatan dengan kelompok pemuda yang memasang portal tersebut. “Camat sudah diperintahkan, untuk melakukan pendekatan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, persoalan ini sudah diselesaikan,”ucapnyal.

Dibincangi terpisah Kepala Kepolisian Resort (Polres) OKU, AKPB Mulyadi menyebut akan memerintahkan anggotanya untuk membongkar portal tersebut. Mulyadi menerangkan, sudah mendapatkan konfirmasi kalau jalan tersebut statusnya adalah milik PT JOB Talisman,

“Jalan itu milik PT Talisman, awalnya lahan tempat dibangunnya jalan tersebut adalah milik warga namun sudah dibebaskan dan ganti ruginya dibayarkan oleh PT Talisman. Jalan itu, memang sering dimanfaatkan warga sebagai jalan alternatif, karena lebih cepat menuju jalan utama,”terang Mulyadi.

Ia juga menerangkan, jalan tersebut posisinya sangat strategis karena sering dimanfaatkan warga untuk mengangkut hasil pertanian.”Artinya tindakan pemasangan portal itu, sudah mengganggu ketertiban masyarakat. Karenanya, tidak mungkin akan kita biarkan,” tegasnya.

Mulyadi mengatakan, Polsek Peninjauan sudah memanggil IR, caleg yang diduga memerintahkan pemasangan portal tersebut. “Ia membantah, memerintahkan tim suksesnya untuk memasang portal itu. Bahkan ia bersumpah, tidak pernah memerintahkan untuk memasang portal di jalan alternatif tersebut,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster