Enam Rumah Ludes Terbakar

 258 total views,  2 views today

Enam rumah panggung yang berlokasi di Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa (22/4) ludes dilalap si jago merah

Enam rumah panggung ludes dilalap si jago merah, Ogan Ilir (OI)

INDRALAYA – Enam rumah panggung yang berlokasi di Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa (22/4/2014) ludes dilalap si jago merah.

Api diduga berasal dari konsleting listrik salah satu rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.  Keenam rumah tersebut milik Basid, Juber, Husni, Sukri, Makmun dan Wajid.

Informasi yang berhasil dihimpum, api pertama kali berasal dari rumah Basid diduga akibat konsleting listrik. Tiba-tiba, rumah Basid terdapat kepulan asap dan diiringi percikan api.

Dalam sekejap, api langsung berkoba menghanguskan rumah yang berada disebelahnya. Hembusan api yang kencang menyebabkan api terus berkoba dan melahap satu per satu rumah warga.

Warga yang berada dilokasi bahu membahu memadamkan api dengan air seadanya. Tidak berapa lama, Petugas Pemadam Kebakaran (PBK), Pemkab OI yang datang ke lokasi langsung memadamkan si jago merah.

Warga terpaksa membongkar salah satu rumah lantaran khawatir api menyambar rumah tersebut. Api akhirnya padam setelah satu jam berkobar.

Camat Pemulutan, Irawan Sulaiman, S.Sos, MSI saat dihubungi membenarkan jika diwilayahnya terdapat musibah kebakaran. “Kebakaran tersebut menghanguskan enam rumah panggung. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun enam KK terpaksa kehilangan tempat tinggal dan satu barangpun tidak bisa diselamatkan,” tuturnya.

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat melalui Kapolsek Pemulutan AKP Harmawansyah mengatakan, dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik (Konsleting), berasal dari rumah Basid.

“ada enam rumah yang terbakar. Dugaan sementara konsleting listrik. Tapi kita masih tetap menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir melalui Sekda OI, H. Sobli yang mengetahui kebakaran tersebut langsung meluncur ke lokasi.

Tidak hanya itu, Sekda H.Sobli mewakili Bupati menyerahkan langsung bantuan kepada enam KK  korban kebakaran.

Adapun bantuan yang diserahkan yaitu berupa sembako, pakaian yang terdiri dari handuk, pakaian dan selimut, peralatan memasak dan masing masing KK menerima bantuan uang tunai Rp 1 juta dari Bupati OI, H. Mawardi Yahya.

Sekda OI, H Sobli dalam kesempatannya mengaku prihatin dengan musibah tersebut dan meminta agar korban tetap bersabar. “Kami turut prihatin atas musibah tersebut. Kepada korban untuk tetap bersabar. Mudah-mudahan, bantuan tersebut dapat bermanfaat,” singkatnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

Editor   : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster