Ada Tambang Emas Ilegal di OKU

 1,964 total views,  2 views today

tambang emas yang beroperasi di Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU

tambang emas yang beroperasi di Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU

BATURAJA – Ternyata Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menyimpan kandungan emas. Buktinya,saat ini sudah beroperasi tambang emas di Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU. Namun sayang, tambang emas tersebut adalah tambang emas ilegal.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, Selasa (22/4/2014), aktivitas tambang emas ilegal itu sudah beroperasi sejak 20 April lalu. Sedikitnya ada 16 pekerja di tambang tersebut, yang beraktivitas sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dengan menggunakan dua kapal. Pekerja tersebut bukan dari warga setempat namun dari Lampung.

Mereka mencari bebatuan yang mengandung bijih emas di di sepanjang sungai,yang ada di desa tersebut. “Aktivitas itu, mengganggu ketenangan warga karena suara mesin yang berisik.Selain itu, air sungai juga menjadi keruh. Itu pertambangan ilegal,” kata salah seorang warga Desa Batu Putih, yang tidak mau menyebutkan namanya.

Selain itu jelasnya, tanah dipinggir sungai juga sudah terbis. Walau resah, warga tidak berani berbuat apa-apa.Sebab kata warga tersebut, tambang emas ilegal itu diduga dibekingi oleh oknum kepala desa (kades) mereka. Selain itu sebutnya, di lokasi pertambangan tersebut juga dikawal oleh oknum anggota TNI. ”Oknum tersebut, selalu berada disana dengan pakaian lengkap,”ucapnya.

Warga terangnya, sudah sepakat untuk menghentikan aktivitas pertambangan emas tersebut. Bahkan warga bebernya, sempat akan melakukan aksi demo. Namun mereka takut, karena untuk terang-terangan melakukan protes sebab pertambangan itu dibekingi kades.

Kades Batu Putih, Nazuli yang dikonfirmasi, justru mengaku aktivitas pertambangan emas itu sudah mendapatkan izin dari warga desanya.  “Sudah ada persetujuan warga, bahkan warga kami senang dengan adanya pertambangan emas tersebut. Jadi tidak mungkin, kalau warga mau melakukan protes,” ucapnya.

Nazuli juga membantah, kalau tambang emas yang ada di desanya itu ilegal. Ia menyebut, aktivitas pertambangan itu sudah mendapatkan izin dari Dinas Pertambangan Kabupaten OKU.

Disinggung mengenai izin pertambangan tersebut, Nazuli mengakui kalau pihak tambang emas sudah memiliki izin dari pihak Kades setempat dan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten OKU.

Namun Kepala Distamben OKU, M Nasir melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertambangan Umum,Thoyib Abadi menyangkal kalau tambang emas di Desa Batu Putih itu sudah mendapatkan izin dari Distamben OKU.

“Belum ada izinnya, kami belum pernah mengeluarkan izin operasi untuk tambang emas di Desa Batu Putih.Bahkan sejak awal tahun, kami sudah mencari kapal yang kerap melakukan aktivitas pertambangan di Sungai Ogan, namun tidak pernah berhasil ditemukan karena sering berpindah tempat,” tegasnya.

Ia menegaskan, akan menindaklanjuti adanya aktivitas pertambangan di Desa Batu Putih itu. “Awal Mei, kami akan datangi lokasinya. Aktivitas mereka harus dihentikan, karena ilegal,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster