Tiga Hari Air Tidak Mengalir

 232 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Lematang Enim, mengeluh dan kecewa. Pasalnya selama tiga hari terakhir, air bersih dari perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim itu tidak mengalir.

Akibatnya,  ribuan pelanggan perusahaan itu terpaksa kesulitan untuk mendapatkan air guna mandi, mencuci dan memasak dan lainnya.  “Katanya hanya satu hari, nyatanya sampai sekarang airnya belum mengalir,” keluh Taufik (35), salah seorang pelanggan PDAM Lematang Enim kepada Kabar Sumatera, Senin (21/4).

Menurut Taufik, di rumahnya air sudah tidak mengalir sejak Jumat hingga sampai saat ini. Informasi yang didapatkan dari PDAM jelasnya, gangguan distribusi air itu disebabkan adanya pekerjaan pipanisasi baru.  “Jika seperti ini, terkesan PDAM tidak profesional. Untung kemarin, turun hujan sehingga airnya bisa ditampung untuk kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Taufik berharap kedepannya, saat ada gangguan distribusi air bersih harusnya PDAM Lematang Enim  memberitahukan ke pelanggannya melalui media massa. Sehingga masyarakat sebut Taufik, bisa bersiap dengan mengisi bak-bak penampungan.

Terpisah, Kepala Cabang PDAM Lematang Enim, Tony menerangkan, terganggunya distribusi air bersih ke rumah pelanggan tersebut disebabkan adanya pemasangan pipa hisap air baku di Sungai Enim.

Pengerjaanya terang Tony, dilakukan PT Waskita Karya.  “Pengerjaanya sudah dilakukan sejak Jumat lalu, diprediksi selesai dalam satu hari. Namun hingga Minggu, belum juga selesai. Akibatnya, pelanggan kita di Pelitasari, rumah tumbuh, Kemayoran dan Kecamatan Muaraenim, distribusi air bersihnya terganggu. Namun rencananya hari ini (Senin), air sudah kembali mengalir,” terangnya.

Dibincangi terpisah, Site Manager PT Waskita Karya Cabang Palembang, Junaidi menerangkan, terganggunya distribusi air bersih PDAM Lematang Enim itu disebabkan adanya koneksi pipapinisasi 12 inc dari intake Sungai Enim II.

“Memang diprediksi pekerjaan itu, bisa diselesaikan dalam satu hari. Namun ada berbagai kendala yang kita temui dilapangan, seperti tekanan pompa yang terlalu kuat sehingga sambungan yang ada menjadi lepas,” ujarnya.

Junaidi juga menyebut, sebenarnya Waskita sudah meminta PDAM agar memberitahukan ke pelanggannya kalau air tidak akan mengalir selama pekerjaan koneksi pipanisasi tersebut. “Kita sudah memberitahukan ke PDAM, kalau air tidak mengalir mulai Jumat sampai dengan pengerjaan koneksi itu selesai. Jadi, bukan hanya satu hari,” tukasnya.

 

TEKS             : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster