Penyakit DBD Kini Mengintai

 1,242 total views,  2 views today

PAGARALAM – Intensitas curah hujan yang tinggi terus menyelimuti Bumi Besemah dan sekitarnya, begitu pula penyakit demam berdarah dengue (DBD) selalu siap mengintai.

Seluruh warga dihimbau agar  dapat proaktif mewaspadai penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan memulainya dari lingkungan tempat tinggal masing-masing. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Drs Roshan YM MKes, Senin (21/4/2014).

Menurutnya, hingga kini memang belum ada warga yang terkena
penyakit DBD, tapi  alangka baiknya jika sedinih mungkin untuk proaktif dalam memberantas sarang nyamuk. Pola khusus guna mengatasi penyebaran penyakit DBD dengan cara menggalakan kegiatan 3 M, diantaranya membersikan dan menguras bak mandi setiap satu minggu sekali, menutup rapat bak penampungan air, dan terakhir dengan cara mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air.

“Kendati demikian, bila ada warga yang terkena penyakit DBD, kami akan segera turun guna menindaklanjutinya dengan cara melakukan penyelidikan epidemiologi (PE). Cross check dengan  menurunkan petugas ke lokasi tempat tinggal penderita dilakukan guna memastikan bahwa yang bersangkutan menderita DBD atau bukan saat masuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Kemudian langkah pencegahan yang lebih tepat lagi lanjutnya, tentunya harus menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, mengingat kebersihan itu merupakan tanggung jawab bersama.

“Sementara sejauh ini merebak informasi dilapisan masyarakat, banyak warga yang terserang penyakit DBD. Untuk itu mariulah kita mulai dari sekarang agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing,” hendaknya.

Ia mengatakan, di musim penghujan saat ini kemungkinan besar memang banyak terdapat genangan air yang tersumbat. Terutama pada jaringan dreinase banyak terdapat sampah menumpuk hingga menyumbat saluran yang ada.  Dari sana pula kumpulan bibit penyakit dapat leluasa berkembang biak.

“Meski begitu, hal dimaksud tampaknya belum begitu menjadi perhatian serius sejumlah warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” kata Roshan seraya berkata dihimbau  agar warga dapat lebih mengutamakan kebersihan, karena melalui pola hidup sehat tentunya dapat menciptakan kesehatan yang bermartabat.
TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster