Membangun Nasionalisme di Hari Kartini, RRI Gelar Lomba Busana Kartini

 917 total views,  2 views today

PALEMBANG – Menyambut Hari Kartini Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang menggelar lomba berbusana kartini dan lomba membaca surat Kartini yang dilaksanakan di auditorium RRI Palembang, Senin (21/4).

“Lomba memperingai hari Kartini kita laksanakan agar kalangan muda dan masyarakat tahu bagaimana dulunya Kartini memperjuangkan kesetaraan jender agar wanita juga dapat mengenyam pendidikan,” ujar Kepala LPP RRI Palembang, Drs Agung Susatyo.

Menurut Agung yang patut kita kagumi, pada usianya yang ke 21 tahun, R A Kartini sudah mempunyai visi yang sangat jauh ke depan memikirkan bagaimana perempuan ini bisa bersekolah supaya melek huruf. “Jadi ini yang lebih penting untuk dimaknai,” tambahnya.

Dia menambahkan, dengan peringatan hari Kartini diharapkan perempuan dapat lebih meningkatkan rasa untuk terus memajukan bangsa Indonesia ini.

Sementara itu, Ketua Dharma Wnita Persatuan Provinsi Sumsel, Hj Murniaty Eddy Hermanto mengatakan Sebagaimana kita ketahui untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 ini, masih banyak ketidakadilan yang di terima oleh perempuan di Indonesia.

“Di hari Kartini bukan hanya untuk di peringati saja, namun kita harapkan perempuan lebih bangkit untuk lebih membangun bangsa ini serta ikut adil dalam kegiatan maupun berpolitik dan lainnya,” katanya.

Dengan memperingati hari Kartini ini kita harapkan akan timbul pahlawan-pahlawan wanita yang akan membangun bangsa ini serta dapat menjadikan wanita sebagai tonggak kemajuan bangsa Indonesia.

Sedangkan, Rara Budianto, Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan lomba fashion show kebaya ala Kartini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan meningkatkan emansipasi wanita serta ingin meningkatkan pembentukan karakter bangsa di kalangan prempuan Indonesia yang kini makin tergerus oleh karakter dan budaya luar.

Lomba fashion show kebaya ala Kartini yg diikuti sedikitnya 115 peserta tersebut berlangsung menarik, pasalnya peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya organisasi wanita dan Dharma Wanita Pemda se- Sumsel, namun diikuti pula dari kalangan mahasiswa dan pelajar tingkat SMA.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster