Gerindra Gagal Raih Kursi di Dapil III

 232 total views,  2 views today

gerindra

PALEMBANG – Partai Gerindra, dipastikan tidak akan mendapatkan satu kursi pun untuk DPRD Kota Palembang di daerah pemilihan (dapil) III, yang meliputi Kecamatan Plaju dan Seberang Ulu (SU) I.

Hal itu dipastikan, dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Senin (21/4). Di dapil ini, ada enam kursi yang diperebutkan. Partai Gerindra sendiri, sebenarnya mendapatkan 8.242 suara.

Namun partai berlambang kepala burung garuda itu, harus merelakan kursi tersebut ke PDI Perjuangan, karena partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran tersebut, unggul hanya lima suara dibandingkan Gerindra. Di dapil ini, PDI Perjuangan meraih 8.247 suara.

Sementara lima kursi lainnya menjadi Partai Bulan Bintang (PBB) yang meraih 10.776 suara, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10.070 suara. Kemudian Partai Hanura 9.002 suara, lalu Partai Demokrat dengan 8.432 suara dan terakhir Partai Golkar 8.252 suara.

Dibincangi usai rekapitulasi di KPU Palembang, saksi dari Partai Gerindra, Novran Marjani mengaku rela melepaskan kursi di dapil III tersebut.  Namun ia meyayangkan, hasil rekapitulasi di KPU tersebut, berbeda dengan data dari fomulir C1 yang Partai Gerindra dan dan partai lainnya.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa, namun dalam pleno tersebut kita sudah sampaikan keberatan kita dan telah difasilitasi KPU Palembang, dan kita terima hasilnya,” kata pria yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel ini, Senin (21/4).

Meskipun gagal meraih kursi di Dapil III, namun ia tetap optimis, jumlah Partai Gerindra di DPRD Kota Palembang untuk periode 2014-2019 bertambah satu kursi jika dibandingkan di periode 2009-2014 lalu. “Ya, mudah-mudahan kita mendapat enam kursi di DPRD Palembang, atau naik satu dibanding 2009 lalu yang hanya lima kursi,” terangnya.

Sementara itu, hingga Senin (21/4) sore, KPU Kota Palembang belum juga menyelesaikan rekapitulasi suara. KPU kembali menskor rapat pleno rekapitulasi tersebut hingga pukul 20.00 WIB.

“Besok, kita belum bisa mengirimkan hasil rekapitulasi suara ini ke KPU Sumsel. Karena rekapitulasi belum selesai. Ini saja baru menginjak kecamatan kelima. Yang sudah itu Kertapati, Kemuning, Plaju, SU II. Sekarang masih berlangsung kita skor ini rekap Kecamatan SU I,” terang Ketua KPU Palembang, Abdul Karim Nasution.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster