Polres Pagaralam Libatkan Pengawas Independen

22 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

PAGARALAM – Upaya menuju netralitas dan transparansi pada proses penyeleksian calon Bintara 2014, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Pagaralam, libatkan para pengawas eksternal. Pada seleksi tahap awal terhadap 313 pelamar bintara polisi tahun 2014, terdiri dari 111 calon Polwan dan 202 calon polisi laki-laki. Hal itu dikemukakan Kapolres Kota Pagaralam AKBP Saut P Sinaga SIK MSi didampingi Waka Polres Kompol Eddy Arianto Haka dan Kompol M Soleh, kemarin.

Ujar Saut, para pengawas eksternal yang ikut dilibatkan guna memantau lajunya selektifitas calon Bintara Polisi ini meliputi beberapa unsur, diantaranya Tokoh masyarakat, DPRD dan insan Pers.

“Guna mewujudkan netralitas dan tranfaransi pada seleksi ini, kita melibatkan pengawas ekternal agar dalam penyeleksian calon Bintara Polri ini benar-benar terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi bila yang memenuhi syarat lulus tahap awal ini,” kata Saut.

Untuk seleksi ditingkat Polres lanjutnya,  hanya bersifat administrasi dan tinggi badan maupun kondisi fisik secara umum.

“Tinggi badan untuk calon Polwan tinggi 155 cm dan bagi Polki tinggi 163 cm,” tambahnya.

Katanya, pada 2014 ini, animo masyarakat untuk masuk polisi cukup tinggi. Sementara memenuhi syarakat untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya di Polda Sumsel sebanyak 313 orang  dari jumlah pelamar 335 orang. Itu artinya yang tidak lulus sebanyak 15 pelamar karena  tidak hadir termasuk ada beberapa lainya kurang tinggi badan serta kondisi fisik.

“Bagi para calon Polwan dan Polki ini nantinya akan bergabung untuk mengikuti seleksi berikutnya bersama pelamar dari kabuapten/kota lain di Sumsel,” terangnya.

Ditambahkan Edy, tahun 2014,  Polda Sumsel akan menerima sebanyak 700 Polisi laki-laki dan 223 Polwan, yang nantinya  untuk disebar ke berbagai daerah.

“Semoga prosesi penyeleksian calon Bintara Polisi 2014 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

 

Teks     : ANTONI STEFEN

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com