Mainan Anak Wajib SNI

 223 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tidak mau kecolongan dengan semakin membludaknya mainan anak-anak,  yang langsung masuk ke Indonesia, khususnya  ke Sumsel maka, seluruh mainan yang berasal dari luar akan diperiksa oleh pihak berwenang, sebab dikhawatirkan mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Kepala Pusat Kerjasama Standarisasi, Badan Standar Nasional (BSN), Erniningsih mengatakan, pihaknya akan semakin memperketat pengawasan seluruh mainan anak-anak yang masuk ke Indonesia, khususnya dari impor.

Semua mainan tersebut menurutnya, harus lulus pengujian terlebih dahulu dan menggunakan label SNI. “Semua mainan anak harus dan wajib menggunakan tanda standar SNI,” kata Erniningsih  yang dibincangi, kemarin.

Dia menjelaskan, aturan ini akan diberlakukan 30 April tahun ini. Semua barang impor, akan langsung mendapatkan pemeriksaan oleh dinas terkait. “Kalau ada yang masih menggunakan komponen seperti itu, tidak bisa masuk ke Indonesia, dari pelabuhan langsung ditahan disana,” terangnya.

Sosialisasinya terang Erni, sudah sering dilakukan dengan pihak yang menjadi penjual mainan anak oleh dinas terkait. Seperti, sosialisasi ke departement store yang mungkin menjual produk seperti itu. “Jadi tidak ada alasan lagi. Kami juga akan mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di pasar, mengenai hal itu,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster