Caleg Incumbent Bertumbangan

 513 total views,  2 views today

BATURAJA – Sejumlah Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel), sudah menyelesaikan rekapitulasi suara hasil pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April lalu.

Hasilnya, banyak calon anggota legislatif (caleg) incumbent atau petahana yang tumbang. Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) misalnya, dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU OKU, tercatat hanya ada 14 caleg incumbent yang masih bertahan di DPRD OKU untuk periode 2014-2019.

Informasi yang dihimpun, caleg incumbent yang bertahan tersebut yakni Johan Anuar, Ridar Hariyowono,   Zaplin Ipani  dari Partai Golkar. Kemudian  Elan Abidin, Kamaluddin dari PKPI. Indrawati Syahrial, Yopi Syahrudin, Budiarjo dari Partai Demokrat. Lalu M Fahruddin,  Medi Idris (PPP), HA Rahman Edwin,  H Azuzandri (PDIP), Malkomar Dui (PBB) dan Soderi Tario (PKB).

Sementara Ketua DPRD OKU, Hj Tina Melinda, melenggang ke DPRD Sumsel. Sisanya, 20 anggota dewan lainnya, tidak terpilih kembali. Mereka akan digantikan Hartati, Mulawarman,  (Partai Nasdem), Erlina AB, Sahril Elmi, Efendi SP  (PKS),  Ferlan Yuliansyah Id Murod, Feri Rizki  (PDIP), Parwanto, Ledi Patra, Mirza Gumay (PAN).

Kemudian,  Syaifuddin AB (PBB), Marta Aryandi, Iwan Munandar, Yoni Risdianto (Partai Golkar), lalu Marjito Bachri (Gerindra), Ramawala (Hanura), Yudi Purna Nugraha (PKB), Robi Vetirgo  (PKB), Baharuddin (Demokrat), dan Joni Awaludin (Hanura).

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya yang dibincangi, tak mau menyebut siapa caleg terpilih tersebut. Namun dari hasil rekapitulasi suara menurutnya,  Golkar menjadi partai pemenang dengan 33.040 suara, sehingga diperkirakan mendapat enam kursi.

“Kemudian, Demokrat memperoleh 19.904 suara  (4 kursi), PDIP dengan perolehan 19.380 suara  (4 kursi),  PAN 17.089 suara (3 kursi), PPB 16.197 suara (2 kursi), PKB 15.826 suara (3 kursi) . Selanjutnya PPP memperoleh 14.656 suara (2 kursi) , Partai Nasdem 14.387 suara (3 kursi), PKS 14.085 suara, (4 kursi), Partai Hanura 11.741 suara (2 kursi),  Gerindra 9.797 suara (1 kursi) dan PKPI memperoleh 8.055 suara (1 kursi),” jelasnya .

Untuk DPD, Percha Leanpuri mendapatkan suara terbanyak. Putri Bupati OKU Timur ini mendapatkan 50.787 suara. “Untuk caleg DPR RI, Sri Meliyana dari Partai Gerindra dengan nomor urut 9 mendapatkan suara terbanyak yakni 5.571 suara, disusul (alm) Nuriswanto dari partai yang sama sebanyak 2.705 suara,” bebernya.

Sementara di kabupaten dan kota lain, yang sudah menyelesaikan rekapitulasi, siapa caleg yang bakal terpilih belum bisa dipastikan. Namun diprakirakan bakal banyak caleg incumbent yang terpental seperti di Ogan Ilir (OI) dan Prabumulih.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster