Kran Air Siap Minum Dibangun di Lima Titik

9 total views, 3 views today

PALEMBANG – Masyarakat yang kehausan usai berolahraga atau berjalan, kini tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari air minum. Karena Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui PDAM Tirta Musi, memasang kran air siap minum.

Kran air siap minum ini menurut Wali Kota Palembang, Romi Herton untuk sementara dipasang di lima titik di kawasan publik yakni dua unit di  Kambang Iwak (KI), satu unit di kantor Wali Kota Palembang, satu unit di Benteng Kuto Besak (BKB), dan satu unit di rumah Sakit (RS) Bari.

“Ini baru tahap awal, selanjutnya kami akan pasang di Stasiun Kereta Api (KA) Kertapati, dermaga, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Mudah-mudahan, ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Romi saat meresmikan kran air siap minum di Kambang Iwak, kemarin.

Romi berharap, fasilitas umum untuk masyarakat ini dapat dijaga dengan baik. Ia berharap, jangan sampai ada tangan jahil, yang merusak. Karena untuk memangun kran air siap minum ini jelasnya, juga menggunakan dari rakyat juga.  “Yah itu uang rakyat, kalau rusak harus diperbaiki, dan biaya perbaikan itu dari rakyat juga. Jadi fasilitas ini harus dijaga agar bisa dinikmati,” harapnya.

Romi menerangkan, kran air siap minum ini berbeda dengan jaringan air bersih yang dipasang PDAM ke rumah-rumah warga. Sebab terang Romi, air tersebut sebelumnya sudah melalui berbagai proses lebih dahulu.

“Untuk membangun kran air siap minum ini, biayanya cukup tingi. Tidak menutup kemungkinan kedepannya, nanti air siap minum juga akan disuplai ke rumah-rumah warga oleh PDAM,” bebernya.

Ditanya soal biaya yang dikeluarkan, untuk membangun kran air siap minum ini, Romi enggan menjawab banyak. Menurutnya, tidak mahal karena kra air siap minum itu buatan anak bangsa. “Ini buatan anak muda dari Bandung, saya rasa tidak mahal. Apalagi adanya kran air siap minum ini, sangat membantu masyarakat,” ujarnya.

Romi menargetkan, kedepannya pemkot akan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di metropolis, untuk membangun kran air siap minum di tempat-tempat keramaian seperti taman kota, pasar tradisional dan tempat lainnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, air yang disuplai dalam kran air siap minum tersebut sebelumnya sudah melalui berbagai proses penyaringan.

“Yang pertama air disaring pakai saringan 5 mikro, kemudian air disaring kembali melalui karbon, penyaringan menggunakan sistem oksmosis, sehingga setelah melalui proses tersebut air tidak berasa,” bebernya.

Setelah itu, dilakukan mineralisasi atau di dalam air dimasukkan mineral. Terakhir, didalam air akan ada 9000 ultra violet.  Andi menyebutkan, untuk pemeliharaan dan perwatan kran air siap minum ini, menjadi tanggung jawab PDAM.

“Kualitas air yang dihasilkan, tidak diragukan lagi. Karena air ini sangat bersih, mudah diserap oleh tubuh, dan mempunyai kualitas tinggi untuk menjamin kelancaran metabolisme tubuh,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com