Tak Laporkan LDK, Caleg Terpilih Batal

 225 total views,  2 views today

PAGARALAM – Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 21 tahun 2013 tentang jadwal dan tahapan Pemilu 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam memberikan batas waktu kepada seluruh Partai Politik (Parpol) untuk menyerahkan laporan dana kampanye (LDK) hingga besok Kamis 17 April 2014, pukul 18.00 WIB.

“Jika masih ada Parpol hingga besok sore Pukul 18.00 WIB belum juga menyerahkan LDK, maka parpol dimaksud akan dikenai sanksi tegas yakni terancam batal untuk ditetapkan sebagai Calon Legislatik (Caleg) terpilih baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi,” ujar Komisioner Divisi Huku KPU setempat, Yenli Elmanoferu SE MSi, Rabu (16/4/2014).

Menurut Yenli, LDK meliputi sejumlah dokumen pemasukan dan pengeluaran Parpol, wajib dilaporkan ke akuntan publik atau KPU setempat dengan batasan waktu yang telah ditentukan.

“Sementara sanksi batalnya disahkan menjadi caleg terpilih itu disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 2012 pasal 138 ayat 3,” terangnya seraya berujar  tidak dibenarkan adanya sumbangan maupun bantuan dana asing masuk ke Parpol.

Sesuai tahapan yang telah ditetapkan lanjutnya, audit dana kampanye akan dilakukan 25 April-25 Mei 2014. Kemudian hasil audit itu selesai akan disampaikan kembali oleh KPU ke seluruh Parpol. Adapun sejumlah dokumen yang harus laporkan, meliputi formulir model dana kampanye (DK) yakni DK- 10 parpol untuk kaporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye.

“Formulir model DK-1 yakni laporan sumbangan dari perseorangan, DK-2 surat pernyataan dari penyumbang perseorangan, DK-3 laporan penerimaan dari kelompok dan DK-4 surat pernyataan sumabgan dari kelompok,” jelasnya.

Kemudian DK-5 penyumbang berasar dari badan usaha, DK-6 surat pernyataan dari badan usaha serta melampirkan DK-7 Parpol sampai DK-13.

“Setelah semua dokumen lengkap, kita akan teliti daftar penerimaan sumbangan dana kampanye, pembukuan dana kampanye jika ada, copy bukti tagihan, copi bukti transaksi, tanda terima penyerahan LDK serta lainnya,” kata Yenli seraya berkata penyerahan LDK begitu penting dilaporkan dan harus tepat waktu.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster