Siswa Tak UN Pilih ‘Kawin Muda’

 270 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Sebanyak 22 siswa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tidak ikut dalam ujian nasional (UN) sebagian disebabkan ‘kawin muda’. Mendekati pelulusan pendidikannya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan OKI, Drs Iskandar ZA melalui Kepala Seksi Kurikulum, Drs Triyono.

“Untuk tahun ini jumlah siswa yang tidak ikut UN sekitar 22 orang, alasan mereka tidak ikut ada yang sakit, tapi kebanyakan kawin muda, jadi mereka enggan untuk ikut ujian, karena faktor sudah bekeluarga,” katanya.

Ia berkata, sebenarnya sangat disayangkan para siswa yang telah menikah muda itu tidak sabar, sampai mendapatkan ijazah terlebih dahulu.” Kebanyakan siswa yang menikah saat kelas 3, seharusnya ditunda dulu, sampai selesai pendidikannya” ujarnya.

Ucap Trijono, sementara bagi siswa yang berhalangan ikut UN dengan alasan sakit, masih berkesempatan mengikuti ujian susulan pada tanggal 22 sampai 24 April mendatang.

“Sedangkan untuk pelaksanaanya sendiri, kami belum bisa mengatakan, apakah disatukan, atau di sekolah masing-masing, tergantung keputusan nantinya” ujarnya.

Bagi siswa yang tidak lulus, dalam salah satu mata pelajaran bisa ikut pada ujian perbaikan di kelompok paket C priode kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 24 Agustus 2014 mendatang.

“Kalau masih tidak lulus juga, terpaksa menunggu pelaksanaan UN tahun depan,” terangnya.

Terpisah Sukamto SPd I, salah satu kepala sekolah SMA swasta di Lempuing, membenarkan, ada salah satu siswanya yang terpaksa tidak ikut ujian lantaran sudah kawin muda.” Satu siswa kita tidak ikut UN, karena sudah dibawah kabur orang (menikah-red),” tandasnya.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster