Jangan Percaya Tawaran Bisa Meluluskan Rekrutmen Calon Bintara Polri

 276 total views,  2 views today

polisi

Ilustrasi Polisi

MUARAENIM – Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kini tengah membuka rekrutmen calon Bintara Polri. Proses rekrutmen itu dijamin oleh Kepala Kepolisian Resort (Polres) Muaraenim, AKBP M Aris, benar-benar murni.

Karenanya Aris mengingatkan masyarakat yang berminat menjadi calon Bintara Polri, untuk tidak percaya jika ada oknum baik dari internal Polri maupun dari luar, yang menawarkan bisa membantu kelulusan.

“Jangan percaya, jika ada yang bisa bantu meluluskan. Apalagi jika tawaran bantuan itu, disertai dengan meminta sejumlah imbalan. Karena, yang bisa meluluskan para peserta, adalah para peserta itu sendiri. Kalau ada yang bilang begitu, itu namanya bohong,” kata Aris dibincangi, Rabu (16/4).

Ia juga menghimbau masyarakat khususnya orang tua dan keluarga dari peserta atau pelamar, jangan sampai memberikan kesempatan kepada oknum-oknum tertentu baik di luar maupun internal kepolisian, untuk menjadi makelar. Karena hal itu jelasnya, akan memberikan peluang kepada pihak-pihak tersebut mencari kesempatan dan keuntungan pribadi.

“Tes nya benar-benar murni, jadi jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan sendiri,” ujarnya.

Aris juga mewanti-wanti pihak-pihak di internal Polri khususnya di Polres Muaraenim, untuk tidak mencoba merayu orang tua atau keluarga pelamar calon Bintara Polri, dengan menjanjikan bisa membantu meluluskan pemalar dengan imbalan tertentu.

Tindakan itu tegas Aris, dinilainya sangat naif dan merusak serta mencemarkan nama baik kepolisian. “Saya ingatkan dikalangan internal Polri, jangan sampai ada yang menjadi calo. Jika ketahuan, tentu ada sanksi yang akan diberikan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pers Polres Muaraenim, AKP Sudarman menambahkan, hingga kemarin sudah 618 berkas pelamar, yang sudah diverivikasi. Dengan kata lain, jumlah tersebut merupakan jumlah pelamar yang sudah mendapatkan nomor test.

Rinciannya, 457 pelamar pria dan 161 pelamar wanita. Jumlah tersebut menurutnya bisa dipastikan akan bertambah. Karena dari pelamar yang mendaftar melalu online, jumlahnya jauh lebih bayak dari jumlah tersebut. “Apalagi batas akhinya pendaftaran dan pelengkapan berkas administrasi, sampai 19 April mendatang,” bebernya.

Seleksi yang dilakukan ditingkat Polres menurutnya dimulai dari pendaftaran, pelengkapan dan verivikasi berkas serta test kesehatan awal. Sementara untuk tingkat lanjutan,tahapan test nya dilakukan tim penguji dari Polda Sumsel di Palembang. “Untuk disini, hanya test awal dan pendaftaran saja. Nanti semua berkas kita kirim ke Palembang,” ujarnya.

Salah seorang pelamar untuk Polwan, Isnaini (18), berharap untuk pelaksanaan test kali ini benar-benar murni. Karena menurutnya, kalau benar-benar murni,peserta atau pelamar yang nanti tidak lulus tidak akan berkecil hati dan dapat menerima keadaan.

“Kalau bisa nanti hasil test pertahapan juga diumumkan, jadi semua bisa melihat dan benar-benar transparan. Kalau optimis,saya sangat optimisi apalagi Polwan tahun ini yang diterima cukup banyak,” tukasnya.

 

TEKS             : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster