Dukung Pembangunan Transmisi Listrik Sumatera

 261 total views,  2 views today

ADA perkembangan menarik  yang layak kita cermati berkaitan dengan kebutuhan energy listrik di wilayah kita. Sebab selama ini kondisi pemadaman listrik masih saja menghantui rakyat yang berada di kabupaten dan kota se Sumsel. Berkaitan dengan masalah itu kita menyambut gembira ketika ada informasi bahwa Sumatera Selatan akan segera membentuk tim pembangunan transmisi listrik Sumatera untuk mempelancar realisasi jaringan tersebut supaya dapat mengantisipasi kekurangan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara.

Pernyataan itu dikemukakan Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel,  Robert Heri usai menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan di Palembang, Rabu (16/4) kemarin. Dia  mengatakan, pihaknya segera membentuk tim daerah untuk mempelancar pembangunan transmisi tersebut.

Tim itu nantinya akan menampung dan mendata jalur yang akan dilalui transmisi tersebut supaya pembangunan dapat dilaksanakan secepat mungkin. Begitu juga tim akan mendata lahan yang dilalui termasuk ganti ruginya supaya pembangunananya tidak menjadi kendala lagi.

Sedangkan mengenai peran serta Pemerintah Provinsi Sumsel dalam pembangunan transmisi tersebut, dia mengatakan, masih akan dibahas dan kemungkinan akan menjadi penyerta modal. Menurut dia pembangunan transmisi tersebut tidak lain untuk memenuhi kebutuan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara. Hal ini  terjadi karena Sumsel sudah kelebihan energi listrik sehingga perlu disalurkan ke daerah lain melalui pembangunan transmisi.

Kita mengharapkan apa yang menjadi rencana daerah ini, mendapatkan dukungan dari GM PT PLN (Persero) Wilayah S2JB Paranai yang mengatakan, memang dalam pembangunan listrik pihaknya sering terkendala lahan. Ada gardu listrik sekarang sudah rampung tetapi untuk menyaluran listriknya masih terkendala pembangunan transmisi karena lahan. Oleh karena itu dengan dibentuknya tim tersebut diharapkan jaringan transmisi listrik Sumatera itu secepatnya terealisasi. Sebelumnya dalam rapat koordinasi yang dipimpin pelaksana tugas Sekda Pemerintah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman disebutkan antara lain transmisi tersebut dibangunan dari Sumsel menuju Sumatera Utara dengan panjang 1.120 kilometer berkasitas 500 KV.

Sumsel sendiri transmisi direncanakan dari Kabupaten Muaraenim menunju Musirawas Utara selanjutnya Sorulangon Bangko, Jambi. Jika pembangunan transmisi tersebut terwujud bukan hanya Sumatera Bagian Utara yang terlayani tetapi semua kabupaten kota se Sumsel juga akan dapat terpenuhi kebutuhan listriknya. Kondisi seperti itu menjadi harapan semua warga Sumatera Selatan. Kita mengharapkan program ini dapat terwujud dan kendala apapun yang muncul dapat ditasi semua. Sebab ketika pasokan listrik tercukupi maka proses-proses prodiktif lainnnya akan berjalan secara signifikan dan kesejahteraan rakyat akan terwujudkan. (Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster