Dua PesertaTidak Ikut UN

 276 total views,  2 views today

ilustrasi UN

ilustrasi UN

BATURAJA – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Rabu (16/4), berakhir. Selama tiga hari pelaksanaan UN tersebut, berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), ada dua peserta yang tidak mengikuti UN.

Kedua peserta tersebut menurut Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Disdik OKU, Hj Erwani Santi, yakni Idwin S dari Madrasyah Aliyah (MA) Lukmanul Hakim, Kecamatan Batumarta dan satunya lagi berasal dari SMA Muhammadiyah Baturajara.

“Keduanya tidak mengikuti UN, karena sakit. Ketidak hadiran keduanya dalam UN, juga dilengkapi surat keterangan sakit,” terang Erwani ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

Keduanya sebut Erwani, bisa mengikuti UN susulan yang akan diselenggarakan pada Senin (21/4) mendatang. UN susulan tersebut bebernya, akan dilaksanakan di sekolah masing-masing.  “Sementara untuk pengumuman kelulusan jelas Erwani, akan dilakukan serentak pada Mei mendatang,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, tahun ini pelaksanaan UN di Kabupaten OKU diikuti 4.880 peserta. Rinciannya, 3.705 peserta dari SMA dan MA dan 1.175 peserta dari SMK baik negeri maupun swasta.

4.880 peserta ini terangnya, berasal dari 28 SMA negeri dan swasta, 7 MA dan 11 SMK yang ada di Bumi Bimbing Sekundang. Sementara untuk pelaksanaanya, terbagi atas sembilan rayon.

“Masing-masing rayon, terdiri dari lima sampai enam sekolah. Pelaksanaan UN tersebut, diawasi oleh pengawas dari perguruan tinggi, yang dibantu guru yang berbeda sub rayon. Satu pengawas perguruan tinggi itu, bertanggung jawab atas empat ruangan dimana setiap ruangan terdiri 20 peserta,” ujarnya.

Bagaimana dengan peserta yang tidak lulus ? Erwani menyebut, tahun ini bagi siswa yang tidak lulus UN harus menunggu untuk mengikuti UN tahun depan namun siswa bersangkutan tidak perlu lagi mengikuti proses belajar mengajar.

“Ia tinggal melapor, untuk mengikuti UN tahun depan. Memang tahun ini, berbeda. Tahun-tahun sebelumnya, peserta yang tidak lulus UN bisa mengikuti Ujian Paket C namun sekarang tidak boleh,” tukasnya.

 

TEKS             : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster