Partisipasi Pemilih di PSU Meningkat

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mengklaim partisipasi pemilih, dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di metropolis yang digelar, Selasa (15/4), tetap tinggi. Menurut Komisioner KPU Kota Palembang, Syarifuddin, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya pada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menyelenggarakan PSU, hampir mendekati saat pemungutan suara, 9 April lalu.

“Warga yang memberikan hak suaranya pada pemungutan suara ulang hari ini, tetap tinggi. Di Sako pada 9 April lalu, ada 141 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Sementara hari ini, pemilih yang menggunakan hak suaranya di PSU hampir mendekati angka partisipasi sebelumnya,” kata Syarifuddin yang dibincangi, kemarin.

Di TPS 53 Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, warga yang datang ke TPS lebih banyak dari 9 April lalu. Kondisi tak jauh berbeda terangnya, juga terjadi di TPS-TPS lain yang menyelenggarakan PSU. “Secara umum, pelaksanaan PSU hari ini berjalan lancar. Tidak ada kekurangan surat suara,” terang Syaifuddin.

Sementara itu, Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 53 Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, H Abdul Rahman Ismail mengatakan, partisipasi pemilih di TPS tersebut cukup tinggi pada pemungutan suara ulang hari ini.

Warga yang memberikan hak suaranya pada PSU di TPS 53 jelasnya, sebanyak 212 orang. Sementara di 9 April lalu sebanyak 198, orang dari jumlah pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 332 orang,  “Pukul 15.00 WIB tadi, perhitungan suara sudah kami selesaikan. Hasil rekapitulasi suara, sudah disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) Bukit Lama,” jelasnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Kabar Sumatera, ada  3.193 pemilih yang terbesar di 11 TPS di Kota Palembang, yang melakukan PSU. Ke 11 TPS yang akan menyelenggarakan PSU adalah TPS 36 Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL). Di TPS ini, PSU hanya untuk memilih caleg DPRD Sumsel. Di TPS tersebut, ada 290 pemilih. Kemudian, TPS 22 di kelurahan dan kecamatan yang sama, PSU juga untuk memilih caleg DPRD Sumsel dari daerah pemilihan (dapil) II, di TPS ini ada 392 pemilih.

Selanjutnya di TPS 2 Kelurahan Srijaya, ada 289 pemilih yang mengikuti PSU untuk memilih caleg DPRD Sumsel dari dapil II. Sementara di TPS 17, kelurahan yang sama tercatat ada 271 pemilih yang akan mengikuti PSU.

Sementara di TPS 55 Kelurahan Sako Kecamatan Sako, ada 203 pemilih yang akan PSU untuk memilih caleg DPR RI dari dapil Sumsel 1. Sedangkan di TPS 56, ada 204 pemilih yang mengikuti PSU.

Lalu, di TPS 53 Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, ada 332 pemilih yang  mengikuti PSU untuk memilih caleg DPRD Kota Palembang dapil V.  Sedangkan di TPS 06, Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I,  PSU dilakukan untuk semua tingkatan. Sebab di TPS ini, ada dugaan  rekayasa suara. Karena untuk DPR didominasi caleg Gerindra, tingkat provinsi didominasi caleg PKB, dan untuk tingkat kota, surat suara tercoblos hanya kepada satu caleg dari PPP. Sementara perolehan suara DPD merata.

 

TEKS          : DICKY WAHYUDI

EDITOR        : IMRON SUPRIYADI

 

 

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com