Naskah Soal tidak Lengkap UN Sempat Tertunda

 266 total views,  2 views today

 

suasana UN di salah satu sekolah di kota Palembang

Ilustrasi suasana UN

BATURAJA – Setelah di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berjalan lancar. Di hari kedua, pelaksanaan UN tersebut sempat bermasalah.

Namun permasalahan tersebut, hanya terjadi di SMA Kader Pembangunan Baturaja. Di SMA tersebut, pelaksanaan UN sempat tertunda karena ada naskah soal, yang tidak lengkap. “Pada lembaran soal nomor 20, naskahnya tidak ada sehingga tidak bisa dijawab,” kata salah seorang peserta UN di SMA Kader Pembangunan yang dibincangi, Selasa (15/4).

Ia pun sebut siswa tersebut, sempat menanyakan persoalan tersebut kepada pengawas. Soal miliknya kemudian terangnya, diganti. Namun proses penggantian soal tersebut cukup lama, karena panitia harus melapor dahulu baru kemudian mengambil soal pengganti ke sub rayon, yang jaraknya cukup jauh. “Ya apa boleh buat, harus menunggu,“ ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah SMA Kader Pembangunan, Tanshari saat dikonfirmasi, membenarkan adalah kejadian tersebut. Ia menyebut, ada salah satu peserta UN di SMA Kader Pembangunan, yang terpaksa harus menunda menjawab soal dikarenakan dalam lembar soal yang didapatkannya tidak ada soal untuk nomor 20.

“Ada naskah yang kurang, seharusnya soal tersebut berjumlah 50 tetapi ditemukan salah satu nomor soal tidak ada. Otomatis siswa tersebut harus mengulang dari awal, namun kita berikan tambahan waktu, untuk siswa tersebut dalam pengerjaannya,” jelasnya.

Sementara di sekolah lain, persoalan tersebut tidak ditemukan. Namun di SMAN 7 Kecamatan  Peninjauan, Randa, salah satu peserta UN di sekolah tersebut tetap mengikuti pelaksanaan UN walau dalam keadaan yang sakit.  Warga Lubuk Rukam tersebut, sakit karena mengalami kecelakaan tunggal sebelum pelaksanana UN.

 

TEKS           : MUSLIM

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster