Ustadz Nababan Ajak Warga Menjaga Ukhuwah

 318 total views,  2 views today

Ustad Nababa saat memberikan tausiah

Ustad Nababa saat memberikan tausiah

PALI – Ustad Syamsul Arifin Nababan meriahkan Tabligh Akbar, di Lapangan Ampera depan Koramil, Kecamtan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),  Senin siang (14/4).

Tabligh Akbar yang diprakarsai salah satu tokoh masyarakat PALI, Iskandar Anwar SE ini mengambil tema “Menata wujud Ukhuwah Islamiyah Dalam Semangat Perbedaan”.

Dalam syiarnya, Ustad  Syamsul Arifin Nababan mengajak ribuan masyarakat PALI untuk membangun ukhuwah. Ukhuwah yang dimaksud menurutnya  bukan hanya slogan dan tulisan yang kerap didengungkan semata, tapi mesti dipraktekkan.

Cara mewujudkan ukhuwah, sambung Ustad Nababan yakni pada tahap  pertamasesama muslim harus Taa’ruf dulu, dalam artian berkenalan secara mendalam. “Kita harus kenal dulu dengan saudara dan sahabat kita. Dan mengenalnya harus dengan detail,” katanya.

Selanjutnya setelah kenal, yang kedua, lanjut Nababan, harus saling Taaluf. Maksudnya saling menyatu. Ketiga, Taroohum, atau berkasih sayang. Keempat saling Tanaasur, saling tolong menolong. Serta kelima, saling Takaaful, kerjasama/ bergotong royong.

“DYang paling puncak dalam mewujudkan persaudaraan ini adalah Al-Itsar. Mendahulukan kepentingan orang lain, dari pada kepentingan pribadi dan golongannya,” ujarnya.

Di kesempatan itu juga, Ustad Nababan juga membongkar bagaimana orang dari agama kristen bisa memeluk agama islam. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang pintar, dimana memeluk Islam usai membaca beberapa ayat dalam Al-quran yang  anggap sangat masuk akal dan sesuai dengan ilmu pengetahuan.

Sementara itu, Iskandar Anwar, mengatakan, kegiatan Tabligh Akbar ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap beberapa bulan sekali. “Dan kebetulan, ini juga kami gelar dalam rangka 40 hari meninggalnya adik saya Romi. Dengan Tabligh akbar ini kami harap masyarakat PALI dapat memetik hikmah dari apa yang disampaikan penceramah,” kata Kandar, panggilan singkat Iskandar Anwar.

Dalam kesempatan itu juga, Penjabat Bupati Pali Ir H Heri Amalindo MM, menyampaikan, dengan moment Tablig Akbar, mari bersama-sama membangun kabupaten dengan semangat kebersamaan dalam balutan ukhuwah islamiyah, sehingga diharapkan PALI cepat maju dan berkembang.

Tabligh Akbar di Lapangan Ampera, Senin siang, selain dihadiri Penjabat Bupati PALI dan istri, dihadiri pula oleh Kapolsek Talang Ubi, Camat Talang Ubi, beberapa pejabat di lingkungan Pemkab PALI, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat PALI.

 

Teks     : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster