Rekapitulasi Suara Nyaris Rusuh

 213 total views,  2 views today

saksi dari PDIP saat melakukan komplain perbedaan jumlah perolehan suara

saksi dari PDIP saat melakukan komplain perbedaan jumlah perolehan suara

BANYUASIN – Rekapitulasi ulang hasil perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Talang Kelapa, Senin (14/4/2014), nyaris rusuh. Keributan itu terjadi saat rekapitulasi suara untuk Kelurahan Air Batu, dilakukan.

Pantauan Kabar Sumatera, saat rekapitulasi dari Air Batu ini dilakukan, dua saksi dari partai politik (parpol) berbeda mempertanyakan jumlah suara di Kelurahan Air Batu, yang tidak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Akibatnya penghitungan ulang untuk hasil perolehan suara, dari Kelurahan Air Batu dihentikan, dan dilanjutkan penghitungan suara dari Desa Pangkalan Benteng. Ketua PPK Talang Kelapa, Ihsan Firdaus yang dibincangi disela-sela rekapitulasi suara menyebut, rekapitulasi suara untuk Kelurahan Air Batu, terpaksa dihentikan sementara perhitungannya karena ada komplain dari saksi PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Perhitungannya kita hentikan sementara, saat kita mulai menghitung perolehan suara untuk caleg DPR RI. Saat itulah, saksi dari PDI Perjuangan dan PKS, mempertanyakan adanya perbedaan total suara di kelurahan tersebut dengan jumlah pemilih yang terdaftar di DPT,” jelasnya.

Walau pun begitu ia yakin, persoalan tersebut bisa segera diatasi. Ihsan juga optimis, rekapitulasi suara bisa diselesaikan sebelum 17 April mendatang, walau pun sampai saat ini masih ada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang belum menyerahkan hasil rekapitulasi suaranya ke PPK.

“Kita yakin, bisa menyelesaikan rekapitulasi suara ini sesuai target yakni 17 April mendatang. Kita akan kejar perhitungannya, kalau perlu perhitungannya kita lakukan siang dan malam,” tukasnya.

 

Teks     : DIDING KARNADI

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster