Disdikpora Bantah Adanya Bocoran Kunci Jawaban

 220 total views,  2 views today

suasana UN di salah satu sekolah di kota Palembang

suasana UN di salah satu sekolah di kota Palembang

PALEMBANGMenanggapi isu bocornyo kunci jawaban UN Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Akhmad Zulinto membantah adanya isu tersebut.

Menurutnya, isu itu tidak benar. “Isu tersebut, dikeluarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Semua proses, mulai dari pengambilan soal dari Polsek atau Sub Rayon sudah dikawal ketat,”ungkapnya, Senin (14/4/2014).

Zulinto mengatakan, tidak mungkin bocor, karena ada 20 soal, dan masing-masing soal tersebut berbeda dengan lainnya. Jadi apabila ada kemungkinan bocor, sangat kecil. “Sejauh ini kami belum menerima laporan, yang pasti proses UN di Palembang berlangsung kondusif, lancar, aman dan baik, karena kami sudah melaksanakan aturan sebagaimana mestinya,”kilahnya.

Dikatakannya, siapapun pejabat daerah, tidak boleh memasuki ruangan UN. Oleh sebab itu, tidak ada kemungkinan jawaban bocor. “Apabila, ada pelajar yang menerima kunci jawaban dari orang yang tidak bertanggungjawab, jangan dipercaya. Karena itu hanya untuk menjerumuskan,”imbuhnya.

Zulinto menyebutkan, UN Tahun 2014 di Palembang diikuti oleh 27.255 pelajar dari SMA/MA/SMK. Dengan rincian,  dari SMA negeri dan swasta sebanyak 16.609 orang, Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta 1.081 dan SMK 8.941 siswa.

Untuk nilai kelulusan Tahun 2014 katanya, diambil persentase yakni, penilaian hasil UN, hasil ujian sekolah dan rapor. “Ketiganya menjadi satu, untuk menentukan kelulusan, kalkulasinya untuk UN 60 di sekolah 40,”katanya.

Zulinto juga menjelaskan, tahun ini tidak ada ujian susulan, tetapi akan diberikan paket C kepada siswa tidak lulus tersebut. “Kecuali, siswa yang sakit atau mendapat musibah ketika UN berlangsung akan ada ujian susulan, dengan soal yang berbeda,”katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Romi Herton saat memantau ke SMA N 1 Palembang mengatakan, semua proses UN lancar, namun pengawasan tetap intens dilakukan.

“Tahun lalu di Palembang, angka kelulusan mencapai 98 persen. Kami harap tahun ini jauh lebih baik, dan meluluskan siswa yang berkualitas,”katanya.

Sambung Romi, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang, akan memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Tapi untuk jenis penghargaannya masih dalam pembahasan.

“Pemerintah akan memberikan apresiasi kepada siswa yang memiliki prestasi tersebut, misalnya hasil UN terbaik dan prestasi lainnya,”tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE

EDITOR    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster