3 Incumbent DPD Diprediksi Bertahan

 259 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tiga calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) incumbent dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) yakni Percha Leapuri, Asmawati dan Aidil Fitrisyah, dprediksi akan bertahan untuk kembali terpilih menduduki kursi mereka sebelumnya.

Sementara satu kursi DPD dari dapil Sumsel tersisah, diperebutkan enam calon anggota DPD, dengan ketat, karena masing-masing kandidat memiliki kantong suara tersendiri setiap daerahnya.

Prediksi ini disampaikan pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Joko Siswanto, yang dihubungi, kemarin. Ia menyebut, kemungkinan tiga anggota DPD incumbent akan kembali duduk sebagai anggota DPD.

Sebab kata Joko, Percha, Asmawati dan Aidil diprakirakannnya memperoleh suara yang signifikan dibandingkan 25 calon DPD lainnya. ”Untuk incumbent, Percha, Asmawati dan Aidil Fitrisyah kemungkinan akan kembali terpilih. Sementara Abdul Aziz, saya prediksi berat karena suaranya tidak begitu signifikan jika dibandingkan tiga incembunt lainnya,” ungkap Joko.

Dijelaskan Joko hasil pantaunnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pendatang baru, seperti Baryadi, Hendri Zainudin, Darwin Azhar, Rogayati dan Basyir akan berpeluang untuk memperbutkan satu kursi yang tersisa. “Kemungkinan besar hanya tinggal satu kursi yang akan diperbutkan oleh lima pendatang baru tersebut. Kemungkinan besar, persaingan semakin ketat, namun semua bisa terjadi karena untuk hasil resmi siapa yang akan terpilih menunggu rekapitulasi KPU,” ungkap Joko.

Menurut Joko masing calon DPD memiliki basis suara tersendiri, karena mereka yang maju ini sebagian besar lebih mengedepankan asal daerah. Namun yang menyulitkan masyarakat untuk mengetahui siapa wakilnya yang akan terpilih, karena tidak adanya lembaga survei yang melakukan quick count calon DPD.

Sementara itu, calon anggota DPD RI, Incumbent Percha Leapuri yang dihubungi, belum dapat memberikan komentar perolehan suara yang ia dapatkan pada pemilu kali ini. Ia berharap memperoleh suara merata di seluruh daerah kabupaten/kota di Sumsel. “Saya belum bisa memprediksi perolehan suara, tapi mudah-mudahan setiap daerah akan memperoleh suara yang berimbang,” kata Percha.

Dilanjutkan Percha, ia percaya masyarakat akan memilih wakil DPD yang sudah berbuat, siapapun yang dipilih itu lah suara masyarakat dalam memilih wakil rakyat. ”Pemilu adalah proses demokrasi, untuk menyalurkan aspirasi rakyat Indonesia,” ucapnya seraya berharap pemilu dapat berjalan dengan jujur, damai dan sukses, sehingga menghasilkan wakil-wakil rakyat rakyat berkualitas sebagaiaman diharapkan selama ini.

 

Teks     : DICKY WAHYUDI

Editor    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster