Tak Perlu ke Dukun & Kunci Jawaban, 94.120 Siswa Ikuti UN

 424 total views,  2 views today

Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat memeriksa kesiapan Ujian Nasioanl (UN) di SMA N 3 Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat memeriksa kesiapan Ujian Nasioanl (UN) di SMA N 3 Palembang

PALEMBANG – Hari ini, Senin (14/4),  seluruh siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat siap menghadapi Ujian Nasional (UN) 2014. Di Sumatera Selatan, UN tingkat SMA akan diikuti sebanyak 94.120 siswa.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Minggu (12/4), meninjau kesiapan pelaksanaan UN tersebut di Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang dan SMAN 3 Palembang. Alex menyebut, saat ini semua kabupaten/kota sudah siap melaksanakaan yang akan dimulai Senin sampai Rabu (16/4).

“Semua soal sudah diterima, disortir dan disegel serta dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam,” kata Alex yang dibincangi usai meninjau kesiapan pelaksanaan UN di MAN III, Palembang, kemarin.

Alex berharap angka kelulusan UN di Sumsel tahun ini, bisa 100 persen. Ia menyebut, UN a

merupakan pengulangan pelajaran yang sudah didapatkan siswa selama tiga tahun  mengenyam pendidikannnya di bangku SMA/sederajat.

“Nah, bagi pelajar yang selama ini konsisten belajar, Insya Allah dan yakinlah mereka pasti lulus, jadi tidak perlu ke dukun atau percaya dengan kunci jawaban yang diberikan oknum tertentu,” ucapnya dengan bercanda.

Sementara, Kepala Sekolah (Kepsek) MAN III Palembang, Ahmad Zainuri menyebut,  saat ini persiapan UN di MAN III, sudah sudah siap. Ia menegaskan, MAN III mematok kelulusan 100 persen di UN tahun ini.

“Mereka sudah belajar secara maksimal, selama tiga tahun. Selain itu, kita memberikan bimbingan belajar dan try out bahkan diajak berdoa dan puasa bersama. Karenanya kita yakin, bisa lulus 100 persen,” ucapnya.

Mengenai, pendistribusian soal  UN. Itu, memang dari Diknas selaku  Rayon lalu diserahkan ke Sub Rayon dengan dikawal dari pihak kepolisian. Dimana, soal UN tersebut akan dihitung secara bersama-sama, bahkan polisi tidur di sini mengamankan soal UN selama 24 jam.

Dibincangi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Widodo mengatakan, seluruh siswa sudah siap ikuti UN 2014 pada 14-16 April untuk jenjang SMA sederajat. Dengan waktu yang singkat ini, Diknas menghimbau kepada siswa-siswi, untuk memanfaatkan waktu yang ada dan energi yang ada semaksimal mungkin.

“Alhamdulillah naskah soal yang diberangkatkan Sabtu kemarin, lancar dan tidak ada hambatan. Kemudian Disdik yang ada di kabupaten/kota, juga bertanggungjawab untuk menjaga kerahasiaan dokumen tersebut sebelum UN dimulai,” terang Widodo ketika dihubungi, Minggu .

Ketika disinggung mengenai target kelulusan, Widodo menyatakan, target lulus itu pasti ada dan diharapkan bisa memperoleh hasil maksimal bagi tiap siswa yang ikut UN. Tetapi, target kelulusan tersebut terangnya, tergantung dari kualitas sekolahnya masing-masing. Bagaimana cara sekolah memberi kemampuan terhadap siswa tingkat akhir, sebelum menghadapi UN menurutnya akan sangat mempengaruhi tingkat kelulusan.

“Kalau lulus semua, untuk apa dilakukan ujian. Targetnya lebih tinggi dari tahun lalu, mereka juga harus berkualitas dengan artian jangan curang saat UN berlangsung. Karena meski lulus semua, kalau ada yang curang sama saja itu namanya sia-sia,” tegasnya.

Target kelulusan 100 persen pada UN 2014, juga diusung  Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang, Ahmad Zulinto yakin kelulusan di UN 2014 di Palembang mencapai 100 persen.

“Kami sudah mematangkan materi yang akan diujikan kepada pelajar, misalnya dengan les atau memberikan jam tambahan dan lainnya. Insya Allah, seluruh peserta bisa lulus semua,” ungkapnya seraya menerangkan dari 2.7000 peserta UN di Palembang, diikuti juga oleh peserta paket C.

Ia juga menerangkan, persiapan UN tidak ada kendala. Distribusi soal jelasnya, sudah selesai. “Saat ini, kami melakukan pengamana soal di sub rayon. Ada 18 sub rayon di Palembang, pengamanannya melibatkan 25 anggota kepolisian,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ/ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster