Pengamanan KPU Mulai di Perketat

 249 total views,  2 views today

INDERALAYA – Pengamanan Kantor Pemilihan Umum daerah (KPUD), Kabupaten Ogan Ilir (OI), mulai diperketat.

Hal itu menyusul mulai masuknya ribuan surat suara dari 16 kecamatan usai dilakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Minggu (13/4), kemarin.

Petugas kepolisian baik dari Polsek Inderalaya maupun Polres OI berseragam lengkap dan preman serta Satpol PP Ogan Ilir melakukan penjagaan di area Kantor KPU.

Saat memasuki Kantor KPU, pengunjung harus melakukan registrasi di depan kantor yang sudah disiapkan petugas. Selain itu, tujuan untuk masuk ke kantor pun harus jelas. Hal ini tidak seperti biasanya sebelum atau satu hari setelah pencoblosan.

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat saat dihubungi via seluler, Minggu (13/4), mengatakan, sejak hari ini (kemarin), petugas yang disiagakan khususnya di area Kantor KPU mulai ditingkatkan.

Menurutnya, pengamanan ekstra di seputar area KPU mengingat sejak malam kemarin (Minggu), surat suara dari 16 kecamatan secara bertahap akan berdatangan.

“Ya, kita melakukan pengamanan khusus di area KPU OI. Hari ini (kemarin), dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Selanjutnya surat suara akan segera dikirim ke KPU. Untuk itu, kita melakukan pengamanan khusus di sekitar area KPU. KPU merupakan area streril dan harus dilakukan penjagaan,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, untuk pengamanan tersebut, pihaknya menerjunkan sekitar 30 personil baik berpakaian seragam maupun berpakaian preman. Selain itu, anggota TNI serta Satpol PP Ogan Ilir juga mengamankan area tersebut.

“Alhamdulillah, seluruh wilayah Ogan Ilir di 16 kecamatan baik saat pelaksanaan maupun usai pencoblosan kondusif dan berjalan lancar. Meski ada beberapa permasalahan, namun dapat diselesaikan saat itu juga,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPUD OI, Anahrir menambahkan, saat ini dilakukan rekapitulasi di tingkat PPK. Setelah itu, surat suara akan segera dikirim ke KPU dibawah pengawalan ketat petugas keamanan.

“Setelah selesai rekapitulasi surat suara di tingkat PPK, surat suara langsung dikirim. Kita juga tidak melakukan limit pengiriman. Yang pasti, selesai harus segera dikirim. Untuk pengamanan kantor KPU berjalan sesuai ketentuan dan kita serahkan ke Polres OI,” singkatnya.

 

Teks     : Junaedi Abdillah

Editor    : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster