Diminta Percepat Pencairan Tunjangan Profesi Guru

 262 total views,  2 views today

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel), menghimbau agar pemerintah di kabupaten/kota, untuk mempercepat pencairan dana tunjangan profesi bagi para guru, mengingat saat ini dana tersebut sudah dicairkan oleh pemerintah pusat ke rekening kabupaten/kota masing-masing.

“Saya tidak menyebut kabupaten/kota, tapi saya menghimbau agar kabupaten/kota yang ada di Sumsel, untuk segera mencairkan dana tunjangan profesi tersebut,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Widodo, kemarin.

Widodo menyadari, pada dasarnya wewenang pencairan ini merupakan hak sepenuhnya dari kabupaten/kota sehingga mereka tidak bisa memaksakan percepatan pencairan. “Itu dimasukkan dalam anggaran kabupaten/kota, jadi memang itu wewenang mereka. Tetapi kita tidak bisa memaksa mereka, untuk mencairkan namun kita menghimbau agar mereka menyegerakan pencairan,” ucapnya.

Meski begitu, Widodo tidak lupa menghimbau kepada para guru khususnya yang sudah menerima dana tunjangan profesi, untuk bekerja lebih maksimal lagi sebagai mana maksud dan tujuan dari pemerintah pusat memberikan alokasi dana tunjangan tersebut.

Disinggung mengenai proses pencairan dana tersebut, Widodo memastikan jika prosesnya terbilang sangat mudah. “Pencairan itu tinggal permintaan dari kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota masing masing dan meminta pencairan kepada BPKAD kepada agar mencairkan sesuai nama yang sudah ditentukan,” cetusnya.

Seperti diketahui, sekitar 1,2 juta guru menerima pencairan TPG periode ini. Perinciannya, guru jenjang TK mencapai 35 ribuan. Untuk jenjang SD dan SMP, jumlah guru sasaran sekitar 1 juta orang.

Selanjutnya, untuk guru SMA, ada 195 ribuan yang mendapatkan TPG hari ini. Tunjangan profesi guru sebesar Rp 6 triliun mulai cair pada tanggal 9 April 2014. Pembayaran tunjagan profesi bagi guru dibawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah siap dicairkan, setelah sebelumnya Surat Keputusan (SK) penerima tunjangan profesi telah diterbitkan.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel,  H Alex Noerdin juga menyikapi bijak pencairan dana yang memang  sudah ditunggu oleh seluruh guru yang ada di Sumsel. “Alhamdulillah karena itu memang yang ditunggu-tunggu selama ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi mereka (guru) itu,” jelasnya.

Ia juga menyesalkan opini yang berkembang mengaitkan pencairan dana ini dengan Pemilihan Legistif (Pileg). “Tidak ada kaitan sama sekali. Ini memang hak guru. Tidak hanya TPG, juga dana BOS, tunjangan lainnya. Jadi jangan dikait-kaitkan. Yang tidak boleh itu, bantuan sosial yang mengarah ke macam-macam,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster