Disperindagkop Bina Pengusaha Terasi

 264 total views,  2 views today

Kepala Disperindagkop OKI, Heri Susanto

Kepala Disperindagkop OKI, Heri Susanto

KAYUAGUNG – Guna meningkatkan kualitas produksi lokal, khususnya industri terasi dalam inovasi kemasan. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop). Akan membina serta memberikan pelatihan kepada produsen terasi khas dari Kecamatan Tulung Selapan, dalam hal  pengemasan agar terlihat lebih menarik hingga memikat konsumen untuk membelinya.

Kepala Disperindagkop OKI, Heri Susanto,   Jumat (11/4/2014) mengatakan, keberadaan terasi Tulung Selapan sudah dikenal masyarakat secara luas  terutama bagi para  penikmat pindang meranjat, makanan khas Sumatera Selatan. Dengan ciri khas warnanya tidak segelap terasi udang biasa, agak ke abu-abuan sehingga memberikan warna kecokelatan serta rasa yang nikmat pada kuah.

Tidak hanya itu terasi Tulung Selapan sudah terkenal diseantero Indonesia, namun sayang kata Heri aktivitas produksinya masih konvensional oleh karena itu pihaknya akan melakukan pelatihan bagi para produsen terasi di kecamatan

“Iya kita akan melakukan pelatihan pengemasan kepada para produsen terasi Tulung Selapan dan di Kecamatan Cengal. Ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kualitas produk lokal terutama innovasi dalam pengemasan produk agar lebih awet tanpa bahan pengawet dan tentunya berharap penghasilan pengerajin akan lebih meningkat,” jelasnya.

Sementara Guntur Rizal Kasi Industri Kecil dan Menengah Desperindagkop OKI menjelaskan, pelatihan ini akan dilaksanakan bulan Mei nanti dan akan diikuti pelaku usaha terasi  di Tulung Selapan Cengal

“Kita akan mendatangkan narasumber dari provinsi maupun luar provinsi untuk memberikan pengetahuan pengemasan kepada para produsen terasi di Tulung Selapan dan Cengal ke depan kita juga akan bantu pemasarannya” ungkap Guntur.

 

Teks     : DONI AFRIANSYAH

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster