Disebut untuk Uang Transport & Rokok, Caleg Golkar Bantah Lakukan Money Politic

 289 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

BATURAJA – Nani Afrianty, calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dari Partai Golkar, membantah telah melakukan politik uang seperti yang diberitakan sejumlah media massa.

Nani juga menyebut, ia tidak pernah memerintahkan tiga orang tim suksesnya untuk membagikan atribut kampanye dan uang, saat masa tenang. “Imroni, Uzir dan Darwin, tidak pernah saya minta untuk membagi-bagikan atribut kampanye maupun uang kepada warga Desa Sukamaju,” kata Nani di DPD Partai Golkar Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis (10/4).

Imroni (59), M Uzir (51) dan Darwin (47), adalah warga Sukaraja, Kecamatan Lengkiti. Ketiganya diamankan anggota Polsek Baturaja Barat saat operasi Mantap Brata di Desa Sukamaju, Kecamatan Baturaja Barat, Minggu (6/4) lalu sekitar pukul 21.00 WIB.  Saat itu dari ketiganya, petugas mendapatkan uang pecahan Rp 20 ribu sebanyak 10 lembar, kartu nama 163 lembar, kartu nama beserta contoh surat suara 149 lembar.

“Imroni adalah Ketua Ranting Partai Golkar di Desa Sukaraja, saat itu ia datang bersama dua temannya ke rumah saya untuk meminta contoh surat suara DPRD Sumsel dan DPD RI. Imron menyebut, banyak warga desanya yang tidak mengerti cara menggunakan hak pilihnya karena minimnya sosialisasi,” sebut Nani memberikan alasan.

Saat ketiga nya berpamitan hendak pulang menurut Nani, ia meminta pamannya untuk memberikan uang Rp 200 ribu sebagai uang transport dan  rokok untuk mereka bertiga. “Uangnya saya masukan ke dalam amplop putih kosong yang sama sekali tidak mencantumkan logo atau nama saya selaku caleg. Uang itu untuk transport dan beli rokok, sebab mereka datang dari jauh, yakni Baturaja yang berjarak 30 kilometer dari Lengkiti,” jelasnya.

Namun terang Nani,saat ketiganya hendak pulang ke desa mereka, ditengah jalan, dua sepeda motor yang dikendarai ketiga nya terjaring dalam razia yang digelar Polsek Baturaja Barat. “Darwin  terjaring razia, karena tidak membawa STNK. Ia kemudian digeledah, sehingga ditemukan kartu nama saya dan contoh surat suara,” bebernya.

Sementara Imroni yang lolos dalam razia tersebut, karena bisa menunjukkan surat kelengkapan sepeda motornya, kemudian menuju Mapolsek Baturaja Barat untuk menemui Darwin yang diamankan.

“Di Mapolsek Baturaja Barat, ia digeledah polisi karena hendak menemui Darwin. Dari Imroni, ditemukan kartu nama saya, serta amplop putih berisi uang Rp200 ribu di dalam saku celananya,” sambungnya.

Sehingga terang Nani, apa yang disebutkan Polres dan Panwaslu OKU, kalau ia melakukan money politic di masa tenang, tidak benar. “Itu sangat saya sesalkan, apa yang disampaikan Kapolres OKU dan Panwaslu OKU, kemudian dikutip oleh media sudah membuat perolehan suara saya di Pileg  menjadi rendah. Simpatisan saya, banyak yang mengalihkan dukungan karena mereka beranggapan percuma mendukung saya sebab akan di diskualifikasi karena persoalan tersebut. Padahal itu tidak benar sama sekali,” tukasnya.

Sebagai informasi, Kepala Kepolisian Resort (Polres) OKU, AKPB Mulyadi, sebelumnya menyebut, anggota Polsek Baturaja Barat mengamankan tiga orang tim sukses caleg Partai Golkar, Nani Afrianty karena diduga melakukan money politic.

“Mereka diamankan anggota Polsek Baturaja Barat saat operasi Mantap Brata di Desa Sukamaju, Kecamatan Baturaja Barat, Minggu (6/4) sekitar pukul 21.00 WIB,” kata Mulyadi, kemarin.

Sementara anggota Panwaslu OKU Divisi Pengawasan, Didik Zainuddin menyebut, ketiga pelaku diamankan Polsek Baturaja Barat. Dari ketiganya ditemukan barang bukti, amplop berisikan uang Rp 200 ribu dengan pecahan Rp 20 ribu.

Selain itu, ada kartu nama sebanyak 163 lembar, kartu nama beserta contoh surat suara berjumlah 149 lembar, KTP 3, satu STNK Honda/NF 100 SE atas nama M Uzir BG 5561 FU. Ada indikasi ini, money politic dan pelanggaran sebab sosialisasi dilakukan di masa tenang. Namun ini, masih kami kaji,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor     : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster