Pembebasan Lahan Segera Dimulai Untuk Pembangunan Jembatan Musi IV

 584 total views,  2 views today

Pembangunan Jembatan Musi IV

PALEMBANG – Pembangunan Jembatan Musi IV, nampaknya segera akan terealisasi. Pasalnya sebentar lagi akan dilaksanakan pembebasan lahan, untuk pembangunan jembatan tersebut. Hal ini ditegaskan Kepala Bagian (Kabag) Agraria dan Batas Wilayah, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Fahmi Fadhillah, Kamis (10/4/2014).

Fahmi mengatakan, untuk tahap awal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan melakukan konsultasi publik, untuk memberitahukan kepada pemilik lahan, yang lahannya akan dibebaskan.  “Konsultasi harusnya dilaksanakan Senin lalu, berhubung mendekati Pileg, maka kami putuskan untuk diundur sampai Pileg selesai,” kata Fahmi, kemarin.

Fahmi menyebutkan, adapun tanah yang akan dibebaskan tersebut berada di Kecamatan Ilir Timur (IT) I, tepatnya berada di Kelurahan Lawang Kidul dan di Kecamatan Seberang Ulu (SU) II,  tepatnya di Kelurahan 14 Ulu.  “Sementara untuk tahapannya, akan dilakukan beberapa tahap seperti tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan tahap penyerahan hasil,” bebernya.

Ia menyebutkan, pembangunan jembatan tersebut dipredikis akan memakan waktu lebih kurang 24 bulan atau dua tahun lamanya. “Kami harapkan, kepada warga yang memiliki lahan yang terkena rencana pembangunan, segera melapor ke Pemkot Palembang atau bisa dengan lurah maupun pihak kecamatan,” himbaunya.

Fahmi menambahkan, jembatan tersebut dibangun, dikarenakan semakin tingginya pertumbuhan kendaraan di metropolis. Katanya, beban Jembatan Ampera, sudah sangat tinggi saat ini. “Selain itu, pembangunan Jembatan Musi IV juga bertujuan untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas, khususnya dari kawasan SU menuju Seberang Ilir (SI),” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Syafrie Nungcik menyebut, pemkot sudah menganggarkan dana Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Musi IV. Dana ini, dianggarkan pada APBD 2014.

“Selain pemkot, pembebasan lahan ini untuk Musi IV ini juga dianggarkan di APBD Sumsel. Baik pemkot maupun Pemprov Sumsel, dibebankan Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan,” bebernya.

Berapa luas lahan yang akan dibebaskan, belum dapat dipastikan. Sebab kata Syafrie, saat ini pembangunan Jembatan Musi IV itu masih dalam tahap detail engineering design (DED). “Ditargetkan tahun ini, sudah mulai pemancangan untuk pembangunan Musi IV. Sekarang masih dalam penyelesaian dokumen pembebasan lahan, termasuk pembuatan amdalnya. Targetnya, pembangunan jembatan ini tahun 2015 selesai,” bebernya.

Jembatan Musi IV ini, lanjut dia, akan dibangun di kawasan Sungai Kangkang untuk wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir di Sungai Jeruju Pasar Kuto. “Panjangnya 1,4 km. Dana pembangunan jembatan ini dari APBN kementerian PU sebesar Rp 300 miliar,” ujarnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster