Lima Partai Besar Kuasai Pileg Pagaralam

 347 total views,  2 views today

Ilst. Parpol

Ilustrasi Parpol

PAGARALAM – Sesuai dengan hasil sementara Pemilihan Umum legislatif (Pileg) 2014 di Kota Pagaralam, terdapat lima partai besar dipastikan menguasai  tiga  daerah pemilihan (Dapil), diantaranya Dapil 1, Pagaralam Utara, dapil 2 Pagaralam Selatan, dan dapil 3 meliputi Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan, dengan total DPT 101.161  jiwa.

Kelima partai tersebut yaitu Gerindra, Golkar, Nasdem, PDI P  dan PKB, yang saat ini mengumpulkan suara terbanyak dalam Pileg 2014 dengan perolehan suara sementara.

Berdasarkan suara sementara masuk baru Dapil 1 lengkap yakni Partai Gerindra  nama caleg Desi dengan perolehan sebanyak 4132 suara. Kemudian Golkar dengan nama caleg Epsi memperoleh suara sebanyak 2851, Partai PKPI Pandri 2528 suara, Demokrat Ujang Syahrul 2439 suara, Nasdem Jeni 2430 suara, PDI P Tanhar 2047 suara, PKB Nando 1984 suara dan PBB Mgs Toyib 1970 suara.

“Sejauh ini baru Dapil 1 menyelesaikan penghitungan tingkat PPS. Sementara hasilnya masih belum final dan masih menunggu Dapil 2 dan 3 dalam tahap perekapan,” kata Ketua Panwaslu Khaidir Murni, Kamis (10/4).

Menurutnya, untuk saat ini masih ada beberapa TPS masih melakukan penghitungan dan termasuk merekap hasil pencoblosan 9 April 2014 Pileg di Pagaralam.

“Kemungkinan pada hari kedua ini semua perekapan hasil pencoblosan Pileg 2014 di tiga Dapil sudah rampung dan tinggal penghitungan di tingkap PPK,” ujarnya.

Kalau data sementara ada beberapa partai yang memang mampu meraih suara tertinggi di tiga Dapil seperti Gerindra, Golkar, PDI P, PKB dan Nasdem. Namun begitu, untuk data final masih menunggu penetapan KPU setelah melalui proses yang sama di tingkat PPK.

“Memang tingkat partispasi pemilih tidak jauh berbeda dengan 2009 lalu antara 70 sampai 80 persen,” ujarnya.

Hanya saja kata Haidir, masyarakat sudah lebih paham tentang pelajaran politik, sehingga tidak ada gejolak yang dapat menghambat lajunya proses penghitungan.

“Pelaksanaan Pileg 2014 di Kota Pagaralam ini berjalan, aman, tertib dan lancar. Hal ini berkat dukungan seluruh komponen masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Saut P Sinaga SIK mengatakan, situasi Pagaralam cukup kondusif selama pelaksanaan Pileg, mulai pencoblosan hingga penghitungan di tingkap TPS.

“Sejauh ini kita sudah menerjukan sekitar 270 personil guna mengamankan lajunya proses pencoblosan dan termasuk pengawalan pendistribusian hingga ke daerah terpencil,” terangnya.

Lanjutnya, kalau pengamanan tingkat TPS sekitar 2010 anggota, sedangkan 60 personel lagi pengamanan di lokasi umum sebagai tempat penyelenggara Pileg.

“Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah menjaga dan mendukung kelancaran pelaksnaan pileg 2014 ini,” katanya.

 

Teks     : ANTONI STEFEN

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster