Warga Masih Bingung Cara Nyoblos

 261 total views,  2 views today

Suasana pemungutan suara di TPS 10 desa Bukit

Suasana pemungutan suara di TPS 10 desa Bukit

MUARAENIM – Sejumlah warga yang sudah berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Muaraenim, masih terlihat bingung mengenai cara mencoblos dalam pemungutan suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (9/4), di sejumlah TPS, banyak warga harus bertanya kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), bagaimana cara menggunakan hak suaranya dengan benar.

Sehingga sejumlah KPPS, harus mengajarkan kepada calon pemilih agar suara mereka tidak sah. Tak hanya itu, sejumlah pemilih lanjut usia juga banyak tidak tahu calon anggota legislatif (caleg) yang harus mereka pilih. Akibatnya, banyak warga yang mengaku enggan mendatangi TPS untuk menggunakan hak suaranya dengan alasan kebingungan suaranya akan diberikan kepada caleg siapa.

Payem (65), salah satu warga yang mencoblos di TPS 16, Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kabupaten Muaraenim mengaku kebingungan karena surat suara yang akan diterima berjumlah empat lembar dan memiliki banyak foto caleg yang harus dipilih.

Namun begitu, ia mengaku tetap menggunakan hak suaranya bahkan sebutnya ia selalu antusias dalam setiap penyelenggaraan pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar. “Mbah ini matanya sudah tidak awas, kalau melihat banyak gambar. Mbah masih bingung, mau coblos yang mana,” kata Payem.

Selain pemilih usia lanjut yang masih merasa bingung cara mencoblos. Ternyata hal ini juga terjadi pada pemilih pemula. Namun hal ini masih bisa diatasi, karena pengetahuan informasi tentang pemilu sudah cukup.

Di TPS 16 Kelurahan Pasar Tanjung Enim sendiri, proses pemungutan berjalan lancar. Jumlah mata pilih ditempat tersebut, mencapai 456 pemilih. Warga setempat cukup antusias mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini.

Sementara itu, di TPS 06 Kelurahan Pasar Tanjung Enim, mata pilih yang terdaftar di DPT sebanyak 435 pemilih. Kegiatan pemungutan suara ditempat tersebut, berjalan lancar hingga proses penghitungan suara pukul 13.00 WIB. “Alhamdulilah pencoblosan sudah selesai tinggal kita hitung surat suaranya,” kata Hijazi, salah satu anggota KPPS di Pasar Tanjung Enim.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI           

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster