Pasien RS HM Rabain tak Bisa Mencoblos

 406 total views,  2 views today

MUARAENIM –  Sedikitnya 100 pasien di RSUD dr HM Rabain Muaraenim, kecewa karena karena tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). Itu semua karena meraka diharuskan untuk memiliki form A5 (surat pindah memilih dari tempat asal).

Keluhan itu disampaikan, Rasuan (56) pasien asal Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim. “Kami ni hanya ada KTP saja, kalau formulir A5 tidak ada. Semestinya, kami ini diberikan kemudahan dengan KTP saja untuk bisa memilih,” keluh Rasuan kepada Kabar Sumatera, Selasa (9/4).

Sementara, Ponijem (65), pasien RSUD dr HM Rabain, yang dirawat di ruang penyakit dalam kamar melati ini mengaku memilih golput karena lebih memperhatikan kesehatannya. “Selain itu, saya hanya memiliki KTP. Kalau disuruh mengurus form A5 lebih dahulu, tidak ada waktu lagi. Harusnya cukup dengan KTP saja, agar bisa memilih,” ungkap warga Tegal Rejo ini.

Sementara itu, Dirut RSUD dr HM Rabain Muaraenim, dr Suwandi Safitri, mengatakan, KPU Muaraenim tidak menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di RSUD dr HM Rabain. Namun terangnya, ada petugas dari Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) yang mendatangi pasien yang ingin menggunakan hak suaranya.   “Di RS ini, ada sekitar 100 pasien yang mempunyai hak pilih,” terang Suwandi.

Terpisah Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muaraenim, Agus Fajeri mengakui pasien di RSUD HM Rabain, tidak bisa menggunakan hak suaranya karena tidak memiliki form A5. “Padahal, kita sudah sosialisasikan pada pihak rumah sakit. Namun kenyataanya, pasien tidak menyiapkan A5,” jelas Agus.

Memang diakuinya, pihak rumah sakit telah menyerahkan data rumah sakit. Rinciannya, 100 pasien,  meliputi, ruang penyakit dalam sebanyak  32 orang, ruang bedah 10 orang, RPK 6 orang, ICU 3 orang, kelas utama 18 orang, ruang cemara 5 orang, ruang VIP anak 10 orang Ruang anak 12 orang, ruang VVIP sebanyak 4 orang.

“Sebenarnya di KPPS, sudah siap mendatangi pasien di RSUD HM Rabain yang akan menggunakan hak pilihnya, namun mereka harus memiliki form A5 sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU). Bahkan kita sudah menyiapkan sejumlah TPS di dekat RS HM Rabain seperti di TPS 1 Air Lintang, TPS 9 dan TPS 11 di Pasar Dua,” tukasnya.

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster