Hari Pencoblosan, Pasar Sepi

 167 total views,  2 views today

PAGARALAM – Seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bumi Pertiwi ini mayoritas menyalurkan hak pilihnya. Sementara aktivitas pekonomian selama hari pemilihan umum legislatif (Pileg) yang digelar hari ini (kemarin-red) tergolong sepi.

Pantauan di lapangan Rabu (9/4), puncak pesta demokrasi 2014, tidak ada kegiatan ekonomi yang menonjol. Selain pedagang-pedagang kecil dan warung-warung milik warga, sedangkan di beberapa pasar yang ada toko-toko terlihat tutup.

“Kami libur hari ini untuk menyalurkan hak pilih. Besok (10/4) kami berencana berdagang lagi,” kata Siti, pedagang manisan di Eks Pasar Seghepat Seghendi.

Selain itu, angkutan pedesaan yang biasa beroperasi dan menghubungkan Pagaralam dengan wilayah lain tidak terlihat beroperasi. Warga lebih memilih berada di tengah keluarga atau kerabatnya atau bersama-sama meramaikan TPS baik untuk memilih atau menunggu hasil penghitungan suara.

“Saya sengaja tidak menarik angkutan karena mau memilih dan kebetulan pula jadi pantia di TPS,” terang Jufri, pengemudi angkutan.

Kendati demikian, ada beberapa pengemudi ojek masih terlihat di jalan raya. Mereka tampak senang meraup keuntungan dari ketidakhadiran angkutan pedesaan atau perkotaan. Para penumpang yang naik kebanyakan memang berasal dari desa-desa di sekitar kota Pagaralam yang ingin mengunjungi sanak saudaranya atau pulang dari kebun untuk memilih.

“Lumayan juga banyak penumpang hari ini. Bahkan ada yang minta antar ke luar kota,” sebut Hasrul, warga Beringin Jaya yang sehari-harinya menjadi tukang ojek.

Aktivitas ekonomi berkisar di kalangan tukang ojek dan para pedagang kecil di perkampungan atau perumahan. Mereka membuka warungnya karena banyak warga yang nongkrong di sekitar kediaman mereka.

“Penghasilan hari ini lumayan juga, karena kebetulan warung saya dekat TPS,” kata Mitri, warga yang memilih di TPS 08, talang Jatang, Kelurahan Nendagung.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster