Ditemukan TPS Kurang Kertas Suara

 329 total views,  4 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

KAYUAGUNG – Pelaksanaan pesta demokrasi yang dilaksanakan di Kabupaten OKI, sepertinya masih banyak kekurangan yang ditemui hal-hal yang kurang beras. Salah satunya terjadi di Desa Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan. Di TPS 1 dan 2 ditemui kekurangan kerta suara sebanyak 71, akibatnya masyrakat yang ingin berpartisipasi memberikan hak pilihnya tidak bisa mencoblos.

Demikian dikatakan masyarakat Lebung Gajah, Indra Gani, yang merupakan ketua PAC Partai Demokrat di Kecamatan Tulung Selapan, Rabu (9/4).
Menurut Indra Gani, selain terjadi kekurangan kerta suara di TPS 1 dan 2,  berdasarkan informasi yang dia terima di sejumlah TPS lainnya juga mengalami kekurangan kerta suara.

“Di desa ini ada 9 TPS, yang pastinya untuk TPS 1 dan 2 kurang kertas suara sebanyak 71, sementara informasi lainnya saya terima hampir semua TPS kurang kertas suara” ujarnya.

Tidak hanya permasalahan kurangnya kertas suara. Namun kata Indra Gani, kecurangan terjadi pada model C 1, yang sudah ditandatangani sehari sebelum pencoblosan. Padahal penandatanganan model C 1 dilakukan sesudah pencoblosan.

Akibat hal ini, pihaknya dan masyarakat sempat mempertanyakan ke pihak PPK menganai kuranganya kertas suara. Namun sayang pihak PPK tidak memberikan solusi penyelesaiannya, sehinga dengan rasa kekecewaan banyak warga yang tidak bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Banyak masyarakat yang tidak menyoblos pak, kata pihak PPK, kalau mau lapor langsung saja ke kabupaten,” ujarnya menirukan perkataan pihak PPK.

Ketua KPU OKI, Dedi Irawan, melalui anggota komisioner KPU, Idham Khalik, terkait permasalahan ini pihaknya belum menerima laporan. Namun dia berjanji akan menindaklanjuti informasi tersebut.

“Ya kalau memang hal itu terjadi akan kami telepon panitianya, namun sejauh ini kan, memang banyak orang yang menginformasikan tentang kurangnya kertas suara, namun ternyata setelah di cek tidak benar,” tandasnya.

Sementara carut marut pelaksanaan pesta demokrasi, lainnya terjadi di Kecamatan Jejawi, dimana ditemukan tertukarnya surat suara dapil 1 dan dapil 2. Akibatnya masyarakat yang ingin mencoblos mengalami hambatan.

 

TEKS       :   DONI AFRIANSYAH

EDITOR    :   RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster